ANALISIS KONSENTRASI PARTIKULAT, SO2, NOX, DAN CO PADA CEROBONG KILN BERBAHAN BAKAR CAMPURAN BATUBARA DAN BAHAN BAKAR ALTERNATIF DI PABRIK INDARUNG VI PT SEMEN PADANG

Nurul, Anjana Nasution (2024) ANALISIS KONSENTRASI PARTIKULAT, SO2, NOX, DAN CO PADA CEROBONG KILN BERBAHAN BAKAR CAMPURAN BATUBARA DAN BAHAN BAKAR ALTERNATIF DI PABRIK INDARUNG VI PT SEMEN PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (134kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (Tugas Akhir_Nurul Anjana Nasution_1910942036)
Tugas Akhir_Nurul Anjana Nasution_1010942036.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan limbah sebagai bahan bakar merupakan upaya dalam penurunan penggunaan bahan bakar fosil. Penelitian ini bertujuan membandingkan konsentrasi emisi partikulat, sulfur dioksida (SO2), nitrogen oksida (NOX), dan karbon monoksida (CO) pada cerobong kiln pabrik Indarung VI PT Semen Padang sebelum dan sesudah penggunaan kombinasi bahan bakar batubara (BB) dan bahan bakar alternatif (BBA), membandingkan pengukuran menggunakan 2 alat ukur dan memperkirakan konsentrasi emisi terhadap perbedaan persentase BBA dari total bahan bakar. Data emisi yang dikumpulkan untuk penggunaan BB tahun 2018-2019 sedangkan penggunaan kombinasi BB dan BBA tahun 2020-2022. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan emisi partikulat, SO2, NOX, dan CO dari tahun 2018-2023 masih dibawah baku mutu sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.19 Tahun 2017 pada lampiran V. Metode analisis regresi linear berganda untuk melihat pengaruh jumlah bahan bakar terhadap konsentrasi emisi yang terukur dengan hasil pengukuran emisi. Rata-rata jumlah BBA dan rata-rata jumlah kombinasi BB dan BBA memiliki pengaruh terhadap emisi partikulat, sedangkan rata-rata jumlah bahan bakar BB dan BBA tidak memiliki pengaruhi terhadap emisi SO2, NOX, dan CO. Metode analisis dengan uji-t untuk melihat perbandingan hasil pengukuran emisi partikulat, SO2 dan NOX dengan menggunakan 2 alat berbeda, yaitu manual dan Continuous Emission Monitoring Systems menunjukkan hasil pengukuran tersebut tidak memiliki pengaruh signifikan. Berdasarkan hasil proyeksi konsentrasi partikulat dan NOX akan melewati baku mutu masing-masing pada saat persentase BBA sebesar 4% dan 10%, parameter CO hingga BBA 10% mengalami kenaikan namun belum melewati baku mutu, dan SO2 hingga BBA 10% mengalami penurunan dan tidak akan melewati baku mutu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Vera Surtia Bachtiar, Ph.D
Uncontrolled Keywords: partikulat, SO2, NOX, CO, cerobong kiln, BBA
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 27 Feb 2024 09:48
Last Modified: 27 Feb 2024 09:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463845

Actions (login required)

View Item View Item