GEMERLAP DUNIA MALAM BAGI ANAK MUDA DI KOTA PADANG (Studi Fenomenologi pada Enam Anak Muda di Klub Malam Daerah Pondok, Kota Padang)

Fahrul, Ikram Jhomas (2024) GEMERLAP DUNIA MALAM BAGI ANAK MUDA DI KOTA PADANG (Studi Fenomenologi pada Enam Anak Muda di Klub Malam Daerah Pondok, Kota Padang). Diploma thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas.

[img] Text (ABSTRAK)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (408kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Setiap masyarakat selalu mengalami perubahan, selain karena perkembangan zaman juga disebabkan oleh pengaruh globalisasi dan budaya luar yang datang ke Indonesia. Perubahan yang terjadi memiliki dampak terhadap kehidupan masyarakat, salah satunya kebiasaan masyarakat yang mengkonsumsi gaya hidup modern. Hal ini dapat dilihat dari cara berpakaian, tempat hiburan yang dipilih saat waktu luang, pilihan makanan dan minuman, alat komunikasi, rumah dan kendaraan yang merupakan indikator dari individualitas selera serta gaya hidup pemiliknya. Dugem merupakan salah satu hiburan yang dipilih oleh masyarakat terutama anak muda yang identik dengan minuman keras, narkoba dan seks bebas yang bertentangan dengan nilai-nilai dan norma- norma yang belaku dalam masyarakat. Kegiatan ini berawal dari coba-coba sampai ketagihan dan berakhir menjadi kebiasaan yang sulit untuk ditinggalkan sehingga menjadi trend dalam hidup mereka. Untuk menjelaskan dan menganalisa permasalahan, maka penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi dan wawancara. Informan adalah anak muda yang rutin ikut dugem minimal satu kali seminggu. Teknik pemilihan informan yang digunakan adalah purposive sampling yaitu peneliti menentukan sendiri informan yang dipilih sesuai dengan kriteria yang ditentukan, sehingga jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 6 orang yang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 2 orang perempuan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa dugem memang menjadi kebutuhan dan dianggap sebagai gaya hidup yang sulit untuk ditinggalkan. Mereka tidak saja dari kalangan ekonomi kelas atas tetapi juga dari kalangan ekonomi menengah. Alasannya mereka dugem bermacam-macam, yaitu mulai dari sekedar have fun (mencari kesenangan), mencari pasangan sampai mengikuti gaya hidup modern (perkembangan zaman). Aktifitas yang mereka lakukan saat di dalam pun beragam sehingga menimbulkan opini yang beranggapan bahwa pub adalah tempat bebas nilai dan norma. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagian anak muda memang menjadikan dugem sebagai gaya hidup mereka dengan tujuan mencari kesenangan semata dan prestise. Untuk beberapa informan dugem sangat berdampak buruk terhadap diri mereka yang menjadikan dugem sebagai tempat having sexs. Begitu juga dengan pertentangan clubbing dengan agama dan adat yang berlaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fajri Rahman, MA
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup, Dugem, Anak Muda
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: S1 Antropologi Sosial
Date Deposited: 27 Feb 2024 08:50
Last Modified: 27 Feb 2024 08:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463835

Actions (login required)

View Item View Item