Kajian Sifat Fisika Tanah Pada Beberapa Penggunaan Lahan di Nagari Koto Gadang Guguak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok

Fidelis, Benferi S (2024) Kajian Sifat Fisika Tanah Pada Beberapa Penggunaan Lahan di Nagari Koto Gadang Guguak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (419kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (416kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FIDELIS (1810232048) full (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan penggunaan lahan hutan menjadi lahan pertanian menyebabkan terjadinya perubahan pada kondisi tanah dan air sehingga menyebabkan perubahan pada sifat fisika tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menentukan sifat fisika tanah pada lapisan 0-30 cm dan 30-60 cm dengan kelas lereng 8-15% pada beberapa penggunaan lahan di Nagari Koto Gadang Guguak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah survei dengan purposive sampling berdasarkan penggunaan lahan (Hutan, semak belukar, tegalan, dan perkebunan) pada jenis tanah (Inceptisols) dan kelerengan yang sama (8-15%). Sifat fisika tanah di analisis di Laboratorium Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang. Parameter yang di analisis terdiri dari tesktur tanah, bahan organik, berat volume, total ruang pori, permeabilitas, dan indeks stabilitas agregat. Hasil penelitian menunjukkan tekstur tanah di setiap penggunaan lahan memiliki kandungan liat 30-57%, kandungan liat tertinggi derdapat pada lahan hutan dengan kedalaman tanah 30-60 cm. Bahan organik tergolong rendah hingga sedang (3,17% – 6,83%), berat volume (0,81 g/cm3 – 1,15 g/cm3 ) tergolong sedang hingga tinggi, total ruang pori (64,50% - 83,40%) tergolong sedang hinga tinggi dan permeabilitas tanah tergolong sedang sampai cepat (2,58 cm/jam – 14,89 cm/jam), dan nilai indeks stabilitas agregat tergolong agak mantap sampai dengan mantap (59,58% - 83,15%). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pada lokasi penelitian Penggunaan lahan hutan mempunyai sifat fisika lebih baik dan Terjadi penurunan kualitas sifat fisika tanah pada lahan yang telah dialih fungsikan menjadi lahan perkebunan dan tegalan. disarankan untuk mempertahankan sifat fisika tanah pada lahan perkebunan dan tegalan dengan cara meningkatkan kandungan bahan organik tanah serta menerapkan teknik konservasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Junaidi, MP
Uncontrolled Keywords: Koto Gadang Guguak, sifat fisika tanah, penggunaan lahan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 27 Feb 2024 07:59
Last Modified: 27 Feb 2024 07:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463787

Actions (login required)

View Item View Item