Perencanaan Keselamatan Konstruksi Pekerjaan Pemasangan Girder Pada Overpass Proyek Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Binjai-Brandan Zona IV

Rauf, Ridwan (2024) Perencanaan Keselamatan Konstruksi Pekerjaan Pemasangan Girder Pada Overpass Proyek Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Binjai-Brandan Zona IV. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak_TA_RIDWAN RAUF..pdf - Published Version

Download (421kB)
[img] Text (Pendahuluan)
Pendahuluan_TA_RIDWAN RAUF.pdf - Published Version

Download (393kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan_TA_RIDWAN RAUF.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_TA_RIDWAN RAUF.pdf - Published Version

Download (283kB)
[img] Text (Full Text)
TA_Ridwan Rauf_1910923029.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemajuan infrastruktur di Indonesia tidak menjamin meningkatnya perilaku keselamatan konstruksi. Kemajuan infrastruktur di Indonesia semestinya bisa membuka peluang untuk meningkatkan praktik keselamatan konstruksi, respon untuk keselamatan konstruksi sangat bergantung dari berbagai faktor, diantaranya budaya kerja, kesadaran individu, pengawasan, dan komitmen dari pemegang kepentingan. Sebab hal itu, penelitian ini bertujuan untuk merencanakan keselamatan konstruksi pada pekerjaan pemasangan girder proyek jalan tol trans Sumatera ruas Binja-Brandan Zona IV berbasis design to construct dan integrated determing control berupa tindakan keselamatan keteknikan, manajemen keselamatan, dan perilaku selamat manusia untuk mencegah terjadinya insiden yang membahayakan tenaga kerja, Masyarakat, property, dan ingkungan. Metodologi penelitian ini mengunakan metode penelitian deduktif dengan menggunakan studi literatur, studi kasus, dan penggunaan pedoman & standar perencanaan keselamatan konstruksi. Kemudian menggunakan metode induktif dengan melakukan wawancara dalam bentuk kuisioner kepada tenaga ahli dan praktisi untuk melakukan validasi pada tugas akhir ini. Hasil penelitian menunjukan perencanaan keselmatan konstruksi pekerjaan pemasangan girder memerlukan pendekatan yang sistematis serta terintegrasi. Penelitian ini melihat pentingnya identifikasi potensi bahaya khusus terkait konstruksi overpass pekerjaan pemasangan girder seperti resiko pekerja tertimpa girder, girder menabrak pier head, pekerja terjatuh. Penilaian risiko yang benar dan baik dapat membantu merumuskan Langkah mitigasi yang sesuai, termasuk penggunaan alat pelindung diri, pengawasan ketat serta rencana inspeksi, dan pengecekan alat secara berkala. Tindakan pengendalian utama yaitu menghitung lifting capacity ratio crowel crane. Membuat form inspeksi Crowel Crane. Pada proyek Jalan Tol trans Sumatera Ruas Binjai – Brandan Zona IV biaya dari dampak kerugian sebesar Rp 4.624.896.791,26 dan total biaya untuk pengendalian sebesar Rp 1.058.200.000.00. sehingga dapat disimpulkan bahwa, perencanaan keselamatan konstruksi sangat disarankan dibuat sebelum melakukan pekerjaan konstruksi untuk meminimalisir biaya kecelkaan. Dengan memprioritaskan keselamatan konstruksi, diharapkan pekerjaan dapat diselesaikan tanpa insiden yang merugikan, sehingga memberikan konstribusi yang signifikan dan keberlanjutan infrastruktur overpass.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir AKHMAD SURAJI, M.T., Ph.D., IPM
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 27 Feb 2024 08:35
Last Modified: 27 Feb 2024 08:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463747

Actions (login required)

View Item View Item