KECERNAAN FRAKSI SERAT DAN KADAR LEMAK SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA YANG DIBERI KULIT PISANG DENGAN LEVEL YANG BERBEDA DALAM RANSUM

CICI, DESRA YENI (2023) KECERNAAN FRAKSI SERAT DAN KADAR LEMAK SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA YANG DIBERI KULIT PISANG DENGAN LEVEL YANG BERBEDA DALAM RANSUM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1. pendahuluan.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (Bab 1)
bab 5. kesimpulan.pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (FULL TEXT)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kecernaan fraksi serat dan kadar lemak susu yang diberi kulit pisang di dalam ransum kambing Peranakan Etawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Rancangan Acak Kelompok yang terdiri dari 4 perlakuan dan 4 kelompok sebagai ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah A : 60% rumput lapangan + 0% kulit pisang + 40% konsentrat, B : 55% rumput lapangan + 5% kulit pisang + 40% konsentrat, C: 50% rumput lapangan + 10% kulit pisang + 40% konsentrat, D: 45% rumput lapangan + 15% kulit pisang + 40% konsentrat. Peubah yang diamati yaitu : Kecernaan fraksi serat (NDF, ADF, Selulosa, Hemiselulosa) dan kadar lemak su-su. Hasil analisis statistik menunjukkan penggunaan kulit pisang dalam ransum kambing Peranakan Etawa dengan persentase yang berbeda memberikan hasil yang berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap kecernaan fraksi serat dan kadar le-mak susu dengan nilai kecernaan NDF 64,14%, ADF 62,62%, Selulosa 62,46% Hemiselulosa 66,25% dan kadar lemak susu 5,13%. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan kulit pisang hingga 15% di dalam ransum dapat mempertahankan kecernaan fraksi serat dan kadar lemak susu kambing Peranakan Etawa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Fauzia Agustin, MS
Uncontrolled Keywords: Kulit pisang, Peranakan Etawa, fraksi serat, lemak susu
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 27 Feb 2024 08:54
Last Modified: 27 Feb 2024 08:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463741

Actions (login required)

View Item View Item