PERFORMA PRODUKSI TELUR BURUNG PUYUH (Coturnix coturnix japonica) YANG MENDAPAT BEBERAPA LAMA PENCAHAYAAN DAN LEVEL PROTEIN PADA FASE AWAL PRODUKSI

DINA, ERLINA (2024) PERFORMA PRODUKSI TELUR BURUNG PUYUH (Coturnix coturnix japonica) YANG MENDAPAT BEBERAPA LAMA PENCAHAYAAN DAN LEVEL PROTEIN PADA FASE AWAL PRODUKSI. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text (FULL TEKS)
FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa produksi telur burung puyuh (Coturnix coturnix japonica) yang mendapat beberapa lama pencahayaan dan level protein pada fase awal produksi. Penelitian ini menggunakan 144 ekor burung puyuh (Coturnix coturnix japonica) umur 6-16 minggu. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pola Rancangan Petak Terbagi (RPT) dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perlakuan 4 x 3 dan 3 ulangan. Faktor pertama yaitu lama pencahayaan terdiri dari C1 (12 jam), C2 (14 jam), C3 (16 jam) dan C4 (18 jam). Faktor kedua yaitu level protein terdiri dari P1 (17%), P2 (19%) dan P3 (21%). Parameter yang diamati adalah konsumsi ransum, produksi telur (quail day production), konversi ransum dan pertambahan berat badan puyuh. Data dianalisis menggunakan Analysis of Varians (ANOVA). Perlakuan yang berpengaruh dilakukan pengujian lanjut dengan uji DMRT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi lama pencahayaan dan level protein berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap pertambahan berat badan puyuh. Faktor lama pencahayaan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap konsumsi ransum, produksi telur (quail day production), pertambahan berat badan dan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap konversi ransum burung puyuh. Faktor level protein berpengaruh tidak nyata (P>0,05) pada semua parameter. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa lama pencahayaan 14, 16 dan 18 jam dengan level protein 17, 19 dan 21% dapat digunakan pada burung puyuh fase awal produksi untuk perbaikan performa produksi telur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir. Yan Heryandi,MP
Uncontrolled Keywords: Puyuh, Lama pencahayaan, Level protein, Performa produksi.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:38
Last Modified: 28 Feb 2024 02:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463730

Actions (login required)

View Item View Item