ASESMEN KERENTANAN STRUKTUR TERHADAP GEMPA PADA BANGUNAN SISTEM RANGKA BAJA PEMIKUL MOMEN KHUSUS DENGAN KETIDAKBERATURAN VERTIKAL

Ridho Aidil, Fitrah (2024) ASESMEN KERENTANAN STRUKTUR TERHADAP GEMPA PADA BANGUNAN SISTEM RANGKA BAJA PEMIKUL MOMEN KHUSUS DENGAN KETIDAKBERATURAN VERTIKAL. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (BAB-1 Pendahuluan)
Bab-1. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (Bab 5. PENUTUP)
Bab-5. Penutup.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_RAF.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (Laporan Penelitian)
organized.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tuntutan dalam praktik keinsinyuran perihal pembangunan infrastruktur gedung bertingkat yang aman dengan meminimalisir korban manusia saat kondisi hazard terjadi semakin meningkat dengan adanya kebutuhan dalam pemenuhan aspek arsitektural dan fungsi bangunan. Kemunculan ketidakberaturan pada arah vertikal dan horizontal pada bangunan harus sedemikian rupa dibatasi dalam peraturan. Pembatasan pada peraturan terhadap desain elemen struktur didefinisikan pada kondisi layan dan ultimit menjadi parameter untuk menentukan tingkat keamanan dan kelayakan bangunan. Sistem struktur rangka baja pemikul momen khusus sering digunakan untuk bangunan dengan fungsi komersil dan industri. Penelitian ini menilai respon struktur dan level kinerja terhadap eksistensi ketidakberaturan vertikal pada struktur bangunan baja bertingkat. Analisis kegempaan dilakukan dengan dua metode yaitu analisis respon spektrum dan pushover analysis dengan kondisi tanah sedang di Kota Padang. Hasil dan pembahasan yang disajikan pada penelitian ini adalah untuk kinerja batas layan: periode fundamental, gaya geser dasar, kekakuan antar tingkat, perpindahan inelastik lateral tingkat, simpangan antar lantai. Sedangkan untuk kinerja batas ultimit adalah level kinerja seismik dan probabilitas kerusakan struktur berdasarkan kategori resiko. Pengaruh ketidakberaturan vertikal terhadap kinerja batas layan tidak signifikan karena berada pada batas izin yang ditetapkan SNI 1726:2019, namun pola simpangan antar lantai pada akibat ketidakberaturan vertikal menjadi perhatian karena akan berpotensi melemahkan kekakuan struktur di tingkat tersebut. Sedangkan untuk kinerja ultimit, level kinerja struktur bangunan dengan ketidakberaturan vertikal berada pada level Life Safety (LS) dengan tingkat probabilitas kerusakan 10% dalam 50 tahun menurut ASCE-41.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Ir. Elita Amrina, S.T, M.Eng, Ph.D, IPU, ASEAN Eng
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Profesi Insinyur
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:03
Last Modified: 28 Feb 2024 03:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463692

Actions (login required)

View Item View Item