PENGARUH PENAMBAHAN SARI BUAH SRIKAYA (Annona squamosa) TERHADAP KADAR PROTEIN, KADAR AIR DAN TOTAL KOLONI BAKTERI ASAM LAKTAT PADA SUSU FERMENTASI

FIFI, YULIA DANALTI (2024) PENGARUH PENAMBAHAN SARI BUAH SRIKAYA (Annona squamosa) TERHADAP KADAR PROTEIN, KADAR AIR DAN TOTAL KOLONI BAKTERI ASAM LAKTAT PADA SUSU FERMENTASI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (73kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text (Full Text)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (986kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan sari buah srikaya (Annona squamosa) terhadap kadar protein, kadar air dan total koloni bakteri asam laktat pada susu fermentasi. Penelitian ini menggunakan susu sapi segar sebanyak 2000 ml, starter Lactobacillus paracasei sebanyak 100 ml dan sari buah srikaya sebanyak 200 ml. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan adalah pemberian sari buah srikaya pada susu fermentasi yaitu A (0%), B (5%), C (10%), D (15%), dan E (20%). Peubah yang diamati pada penelitian ini yaitu kadar protein, kadar air dan total koloni bakteri asam laktat. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa penambahan sari buah srikaya pada susu fermentasi tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap kadar protein, kadar air dan total koloni bakteri asam laktat. Pada penelitian ini didapatkan hasil secara keseluruhan kadar protein 3,43-5,44%, kadar air 83,52 - 85,83% dan rentang jumlah koloni bakteri asam laktat 17,78 - 40,00 x 1010 CFU/ml. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penambahan sari buah srikaya hingga persentase 20% belum mampu memberikan pengaruh yang cukup untuk kadar protein, kadar air dan total koloni bakteri asam laktat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drh. Yuherman, M.S, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Sari buah srikaya (Annona squamosa), Lactobacillus paracasei, Susu fermentasi, Kadar protein, Kadar air dan Bakteri asam laktat.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 27 Feb 2024 03:48
Last Modified: 27 Feb 2024 03:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463671

Actions (login required)

View Item View Item