PENGARUH BEBERAPA JENIS ITIK LOKAL JANTAN TERHADAP INTAKE PROTEIN, INTAKE ENERGI, RASIO EFISIENSI PROTEIN DAN LAJU PERTUMBUHAN

Yuni, Ladyes Rais (2023) PENGARUH BEBERAPA JENIS ITIK LOKAL JANTAN TERHADAP INTAKE PROTEIN, INTAKE ENERGI, RASIO EFISIENSI PROTEIN DAN LAJU PERTUMBUHAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan)
Bab V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text (Full Text)
Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intake protein, intake energi, rasio efisiensi protein dan laju pertumbuhan itik jantan lokal yang berasal dari ketinggian tempat yang berbeda dipelihara di Padang pada ketinggian tempat yang sama. Penelitian ini menggunakan 90 ekor itik jantan lokal Sumatera Barat dari tiga jenis itik yaitu itik Bayang (A) 30 ekor, itik Kamang (B) 30 ekor, itik Pitalah (C) 30 ekor yang dipelihara selama 12 minggu yang ditempatkan pada kandang box berukuran 120cm x 75cm x 75cm sebanyak 18 unit, masing – masing unit berisikan 5 ekor itik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 perlakuan dan 6 pengulangan. Pakan yang digunakan selama penelitian adalah pakan komersil 544G. Peubah yang diamati yaitu intake protein, intake energi, rasio efisiensi protein dan laju pertumbuhan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tiga jenis itik jantan lokal memberikan respon yang sama (P≥0,05) terhadap intake protein, intake energi dan rasio efisiensi protein, sedangkan tiga jenis itik jantan lokal berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap laju pertumbuhan. Tiga jenis itik lokal Sumatera Barat bisa dipelihara pada dataran rendah namun laju pertumbuhan itik Pitalah lebih tinggi dari itik Kamang dan Bayang. Berdasarkan laju pertumbuhan tiga jenis itik jantan lokal Sumatera Barat menunjukkan bahwa laju pertumbuhan itik Pitalah nyata lebih tinggi dari itik Bayang dan Kamang. Laju pertumbuhan itik Pitalah sebesar 0,3217, itik Bayang sebesar 0,2617, itik Kamang sebesar 0,2673.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Sabrina, MP
Uncontrolled Keywords: Itik Lokal Jantan, Intake Protein, Intake Energi, Laju Pertumbuhan Rasio Efisiensi Protein
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 27 Feb 2024 09:31
Last Modified: 27 Feb 2024 09:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463564

Actions (login required)

View Item View Item