PENGEMBANGAN GRAPHICAL USER INTERFACE SEBAGAI SIMULATOR SISTEM MONITORING BATERAI MENGGUNAKAN TEXAS INSTRUMENT GUI COMPOSER

Muhammad, Daffa (2024) PENGEMBANGAN GRAPHICAL USER INTERFACE SEBAGAI SIMULATOR SISTEM MONITORING BATERAI MENGGUNAKAN TEXAS INSTRUMENT GUI COMPOSER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
CoverdanAbstrak.pdf - Published Version

Download (74kB)
[img] Text (BAB 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text
Tugas_Akhir_Muhammad Daffa_1710952041.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tugas akhir ini mengetengahkan desain Graphical User Interface(GUI) sebagai simulator sistem monitoring baterai pada kendaraan listrik. Aplikasi GUI dibangun menggunakan GUI composer dari Texas instrument. Selanjutnya GUI yang berhasil didesain dihubungkan dengan TMS320F28335 Experimenterkit sebagai simulator akuisisi data dari baterai. Besaran-besaran seperti tegangan, arus dan temperatur baterai dimodelkan dengan sumber tegangan variabel berupa potensiometer. Sinyal arus, tegangan dan temperatur baterai ini kemudian diumpankan kerangkaian ADC dari TMS320F28335 Experimenter kit. Sinyal pada rangkaian ADC berupa nilai digital dikonversi menjadi besaran-besaran seperti daya, State of Charge dan State of Health. GUI sebagai sistem monitoring baterai didesain agar dapat menampilkan nilai tegangan,arus, daya, temperatur, State of Charge dan State of Health dari baterai dan dibuat menjadi aplikasi standalone yang mudah diakses langsung dari desktop pada komputer. Besaran-besaran tersebut ditampilkan dalam bentuk skala maupun grafik dalam beberapa layer dan GUI juga dilengkapi dengan sarana komunikasi antara pengguna dan board TMS320F28335 Experimenterkit .GUI yang didesain diuji kemampuanya dalam menampilkan nilai besaran-besaran pada baterai dengan menguji kemampuan modul ADC nya, dari pengujian didapat error yang kecil sebesar 0.7 % .

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Muhammad Imran Hamid, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Graphical User Interface , TMS32028335 Experimenter kit, Sistem Monitoring Baterai, Gui Composer
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 27 Feb 2024 06:44
Last Modified: 27 Feb 2024 06:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463559

Actions (login required)

View Item View Item