Penerapan Building Information Modeling (Bim) Menggunakan Software Cubicost Dan Autodesk Navisworks Manage Pada Pembangunan Rumah Kemasan Kota Padang

Rizki Arifin, Afdhal (2024) Penerapan Building Information Modeling (Bim) Menggunakan Software Cubicost Dan Autodesk Navisworks Manage Pada Pembangunan Rumah Kemasan Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (408kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (378kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (336kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (277kB)
[img] Text (Skripsi fulltext)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Proyek konstruksi adalah aktivitas sementara yang memiliki tujuan dan target yang jelas dalam waktu dan sumber daya yang terbatas. Tiga faktor penting yang tidak pernah lepas dalam pelaksanaan proyek konstruksi adalah waktu, biaya, dan mutu. Keberhasilan proyek yang tepat waktu, biaya, dan mutu adalah tujuan utama bagi pemilik proyek dan penyedia jasa. Namun, proyek konstruksi seringkali menghadapi berbagai masalah, baik dalam tahap perencanaan maupun pelaksanaan, yang dapat mempengaruhi keberhasilan proyek. Oleh karena itu, manajemen proyek yang baik sangat penting. Perkembangan teknologi konstruksi di Indonesia telah menciptakan kebutuhan akan teknologi pendukung yang lebih efisien dan efektif. Salah satu teknologi baru ini adalah Building Information Modeling (BIM), yang telah menggantikan aplikasi sebelumnya seperti AutoCAD, SAP, dan Ms.Project. BIM memungkinkan pertukaran model 3D antar disiplin ilmu yang berbeda, sehingga proses pertukaran informasi menjadi lebih cepat dan efisien. Meski demikian, penggunaan BIM di Indonesia masih belum luas. BIM adalah metode teknologi berbasis 3D yang berisi semua data dan informasi tentang objek sebenarnya dari model tersebut. Estimasi biaya dengan BIM dilakukan dengan menghubungkan model 3D ke database estimasi biaya. Dengan menggunakan BIM, dapat meminimalisir kegagalan konstruksi dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan pekerjaan konstruksi. Salah satu perangkat lunak BIM adalah Cubicost, yang menawarkan empat jenis produk perangkat lunak berbasis BIM, yaitu Cubicost Take of for Architecture and Structure (TAS), Cubicost Take of for Rebar (TRB), Cubicost Take of for Mechanical and Electrical (TME), dan Cubicost Take of Bill of quantities.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: TAUFIKA OPHIYANDRI, Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 27 Feb 2024 08:17
Last Modified: 27 Feb 2024 08:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463535

Actions (login required)

View Item View Item