Analisis Keuntungan Usaha Peternak Sapi Potong Yang Bermitra Dengan Raudhah Farm Di Nagari Bawan Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam

Yuprastika, Dina (2024) Analisis Keuntungan Usaha Peternak Sapi Potong Yang Bermitra Dengan Raudhah Farm Di Nagari Bawan Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Diploma thesis, Peternakan.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (503kB)
[img] Text (Kesimpulan Saran)
Kesimpulan Saran.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (374kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keuntungan pada usaha peternak sapi potong yang bermitra dengan Raudhah Farm di Nagari Bawan Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan yaitu pada bulan Februari sampai bulan Maret 2023. Penelitian ini menggunakan metode survei dan pengamatan langsung terhadap 17 responden dengan alat pengambilan data menggunakan daftar pertanyaan. Pengambilan data pada penelitian ini satu tahun masa pemeliharaan yaitu dari bulan September 2021 sampai Agustus 2022. Variabel penelitian ini yaitu : karakteristik peternak (umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan utama, lama beternak), performa produksi (angka kelahiran, angka kematian), serta keuntungan peternak (penerimaan tunai, penerimaan non tunai dan biaya produksi serta Revenue Cost Ratio). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa total pendapatan atau keuntungan peternak pada usaha ini selama satu tahun periode pemeliharaan yaitu sebesar Rp.20.340.000 dengan nilai Revenue Cost Ratio (R/C) sebesar 1,46, yang artinya usaha yang dijalankan peternak ini menguntungkan karna R/C > 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Andri, MS Ir. Boyon, MP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 27 Feb 2024 07:45
Last Modified: 27 Feb 2024 07:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463508

Actions (login required)

View Item View Item