TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN PENGIRIMAN BARANG TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) CABANG BUKITINGGI)

Muhammad, Rezki Khaliq (2024) TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN PENGIRIMAN BARANG TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) CABANG BUKITINGGI). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (48kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian berfokus kepada tanggung jawab perusahaan pengiriman barang terhadap kerugian konsumen pada PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE),dalam penelitian ini ditemukan beberapa konsumen yang mengalami kerugian seperti barang rusak, terlambat, ataupun hilang. Penelitian menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan yuridis empiris, yaitu menggabungkan teori hukum dengan praktik lapangan. Data pada penelitian ini diperoleh melalui melalui studi kepustakaan, studi dokumen, dan wawancara dengan pemilik cabang JNE serta konsumen yang pernah mengalami kerugian. Dalam penelitian ini terdapat beberapa kasus yang menggambarkan berbagai macam situasi. Pada kasus yang pertama yaitu keterlambatan pengiriman yang diselesaikan dengan ganti rugi kepada konsumen. Selanjutnya kasus yang ketiga yaitu barang yang dikirim mengalami kerusakan namun diawal sudah terdapat kesepakatan antara pengirim dengan pengusaha jasa pengiriman sehingga konsumen tidak mendapatkan ganti rugi. Sedangkan pada kasus yang ketiga terjadi keterlambatan barang sehingga barang yang dikirim rusak sebagian yang diakibatkan karena overload, pada kasus yang ke empat terjadinya kehilangan atas barang pengirim yang mana jumlah kerugian cukup signifikan, konsumen sudah melakukan komplen kepada pihak JNE namun dalam kasus ini pihak JNE tidak memberikan kejelasan, dalam kasus ini JNE juga tidak menjelaskan pentingnya asuransi terhadap barang yang mempunyai nilai cukup tinggi, selanjutnya pada kasus yang kelima yaitu keadaan dimana pengirim merupakan soaring pedagang di market place, dalam kasus ini barang yang dikirim oleh pengirim hanya sampai satu dus dari 3 dus yang dikirim, dalam kasus ini terdapat perbedaan informasi yang ada di website resmi JNE dengan berkas ketika mengajukan ganti rugi, yang mana dalam hal ini mengakibat kerugian yang cukup signifikan bagi pengirim. Dalam penelitian ini ditemukan macam macam penyelesaian yang dilakukan oleh pihak perusahaan pengiriman barang maupun konsumen, dari kasus kasus yang terjadi terdapat perbedaan penyebab dan penyelesaiannya, perusahaan pengiriman barang diharapkan untuk lebih memperhatikan usahanya, perlunya meningkatkan transparansi dalam proses pengiriman dan komunikasi dengan konsumen dan pengguna jasa diharapkan untuk lebih memahami syarat dan ketentuan apa saja yang di berikan oleh perusahaan pengiriman barang sehingga tidak terjadi kebingungan saat terjadi hal hal yang tidak dinginkan Kata Kunci : Tangggung Jawab, PT. TIKI JNE, Konsumen, Ganti Rugi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Zefrizal Nurdin, S.h., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 26 Feb 2024 08:32
Last Modified: 26 Feb 2024 08:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463432

Actions (login required)

View Item View Item