ANALISIS FAKTOR RESIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PNEUMONIA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BEGALUNG KOTA PADANG TAHUN 2023

Robi, Tri Nanda (2024) ANALISIS FAKTOR RESIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PNEUMONIA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BEGALUNG KOTA PADANG TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Robi Tri Nanda_COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
Robi Tri Nanda_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN)
Robi Tri Nanda_BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Robi Tri Nanda_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (ROBI TRI NANDA_SKRIPSI FULL TEXT)
Robi Tri Nanda_SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Puskesmas Lubuk Begalung menempati urutan tertinggi dalam penemuan kasus pneumonia balita di Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor risiko yang berhubungan dengan kejadian pneumonia balita di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Begalung Tahun 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan case-control dengan 80 sampel. Populasi yaitu seluruh ibu balita di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Begalung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling untuk kasus dan purposive sampling untuk kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara menggunakan kuesioner dan dianalisis melalui analisis univariat, bivariat, serta multivariat. Hasil uji bivariat menunjukkan variabel yang berhubungan dengan kejadian pneumonia balita yaitu imunisasi dasar (pvalue=0,0001), dan polusi udara (p-value=0,003). Sedangkan variabel yang tidak berhubungan yaitu jenis kelamin (p-value=0,823), riwayat BBLR (p-value=1,000), ASI Ekslusif (p-value=0,117), tingkat pendidikan ibu (p-value=1,000), pekerjaan ibu (p value=1,000), kepadatan hunian (p-value=0,567), dan akses pelayanan kesehatan (p-value=1,000). Imunisasi dasar lengkap merupakan faktor dominan yang berhubungan dengan kejadian pneumonia balita di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Begalung Tahun 2023. Diharapkan kepada petugas puskesmas untuk meningkatkan cakupan pemberian imunisasi dasar dan aktif memberikan sosialisasi terkait polusi udara dalam rumah tangga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syafrawati, SKM, M. Comm Health Sc
Uncontrolled Keywords: Balita, Pneumonia, Imunisasi Dasar Lengkap, Polusi Udara
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 27 Feb 2024 04:36
Last Modified: 27 Feb 2024 04:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463368

Actions (login required)

View Item View Item