STUDI KARAKTERISTIK MARSHALL PADA CAMPURAN PERKERASAN ASPHALT CONCRETE - BINDER COURSE (AC-BC) DENGAN MENGGUNAKAN ASPAL KARET

Kaspari, Arialde (2024) STUDI KARAKTERISTIK MARSHALL PADA CAMPURAN PERKERASAN ASPHALT CONCRETE - BINDER COURSE (AC-BC) DENGAN MENGGUNAKAN ASPAL KARET. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (866kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (779kB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan)
BAB 5 KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (683kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (561kB)
[img] Text (Full Text Tugas Akhir)
FULL TEXT TUGAS AKHIR - ARIALDE KASPARI 1810923030.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu alternatif aspal yang saat ini sedang dikembangkan adalah aspal karet. Aspal karet adalah bentuk aspal yang dimodifikasi dengan bahan tambahan berupa karet alam dan merupakan salah satu alternatif perencanaan perkerasan lentur. Ketersedian yang banyak menjadikan karet alam harus lebih digunakan secara optimal. Aspal beton (Asphalt Concrete, AC) merupakan salah satu jenis perkerasan jalan yang terdiri dari campuran agregat dan bisa juga mengandung bahan tambahan. Binder course (BC) merupakan lapisan perkerasan yang terletak di bawah lapisan aus. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui karakteristik Marshall pada campuran perkerasan Asphalt Concrete – Binder Course (AC-BC) dengan menggunakan aspal karet. Aspal Karet yang digunakan pada penelitian ini adalah Aspal Karet dengan kadar karet sebesar 7% dan berasal dari PT. Bumi Mulia Perkasa, Riau. Parameter yang akan ditinjau adalah parameter Marshall mulai dari Stabilitas, kelelehan (flow), VIM, VMA, VFB, dan MQ. Penelitian dilaksanakan dengan mengikuti metode dan langkah-langkah yang telah ditetapkan sesuai standar SNI yang bertujuan untuk memperoleh hasil penelitian tentang Studi Karakteristik Marshall pada campuran perkerasan Asphalt Concrete – Binder Course (AC-BC) dengan menggunakan Aspal Karet. Berdasarkan hasil parameter pengujian Marshall untuk aspal murni, didapatkan kadar aspal optimum sebesar 5,75 %. Sedangkan hasil parameter pengujian Marshall untuk aspal karet, didapatkan nilai kadar aspal optimum sebesar 6,5 %. Pada nilai Stabilitas, VMA, dan MQ, campuran aspal murni dan aspal karet sama-sama memenuhi Spesifikasi Umum Bina Marga tahun 2018 Revisi 2 dan SE Mentri PUPR tahun 2019 (Pd 07-2019-B) pada semua rentang kadar aspal. Hasil kelelehan (Flow) pada aspal karet yang menggunakan SE Mentri PUPR tahun 2019 (Pd 07-2019-B) memenuhi semua rentang kadar aspal dari 5% hingga 7%. Sedangkan kelelehan (Flow) pada aspal murni yang menggunakan Spesifikasi Umum Bina Marga tahun 2018 Revisi 2 hanya dapat memenuhi spesifikasi pada kadar aspal dari 5% hingga 6%. Nilai VIM pada aspal karet yang memenuhi SE Mentri PUPR tahun 2019 (Pd 077-2019-B) terdapat pada kadar 5,5% hingga 7%. Sedangkan nilai VIM yang memenuhi Spesifikasi Umum Bina Marga tahun 2018 Revisi 2 terdapat pada kadar 5% hingga 7%. Diketahui campuran aspal karet tidak cukup baik pada karakteristik VFB dengan nilai VFB yang hanya memenuhi standar pada rentang kadar aspal 5,5% hingga 7%. Sedangkan aspal murni dapat memenuhi Spesifikasi Umum Bina Marga tahun 2018 Revisi 2 pada semua rentang kadar aspal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Elsa Eka Putri, S.T., M.Sc(Eng), Ph.D
Uncontrolled Keywords: Asphalt Concrete Binder Course, Aspal Karet, Marshall Test
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 26 Feb 2024 07:08
Last Modified: 26 Feb 2024 07:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463365

Actions (login required)

View Item View Item