HUBUNGAN USIA DENGAN DERAJAT DIFERENSIASI DAN LOKASI TUMOR PADA PENDERITA ADENOKARSINOMA KOLOREKTAL (Studi di Sentra Diagnostik Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Tahun 2014 – 2018)

Ranti, Ranti (2019) HUBUNGAN USIA DENGAN DERAJAT DIFERENSIASI DAN LOKASI TUMOR PADA PENDERITA ADENOKARSINOMA KOLOREKTAL (Studi di Sentra Diagnostik Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Tahun 2014 – 2018). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Insiden karsinoma kolorektal cukup tinggi di Indonesia. Insiden dan mortalitas karsinoma kolorektal meningkat dengan bertambahnya usia, dan saat ini sering ditemukan pada usia lebih muda dengan prognosis yang lebih buruk dibandingkan usia lebih tua. Adenokarsinoma merupakan jenis karsinoma kolorektal yang paling banyak dijumpai. Derajat diferensiasi dan lokasi tumor merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prognosis karsinoma kolorektal. Tujuan penelitian ini untuk menentukan hubungan usia dengan derajat diferensiasi dan lokasi tumor pada penderita adenokarsinoma kolorektal di Sentra Diagnostik Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Data diperoleh dari lembaran status hasil pemeriksaan pasien adenokarsinoma kolorektal tahun 2014-2018. Data dianalisis menggunakan uji bivariat chi-square. Pada penelitian ini ditemukan 129 kasus adenokarsinoma kolorektal. Penderita adenokarsinoma kolorektal diferensiasi sedang dan buruk paling tinggi pada usia 41-60 tahun, sedangkan diferensiasi baik paling banyak pada usia >60 tahun dan terlihat jumlahnya meningkat seiring dengan pertambahan usia. Adenokarsinoma kolorektal ditemukan paling banyak di rektum dan kolon kiri dari berbagai golongan usia. Analisis bivariat antara usia dengan derajat diferensiasi dan lokasi tumor menunjukkan nilai p berturut-turut 0,041 dan 0,860. Terdapat hubungan bermakna secara statistik antara usia dengan derajat diferensiasi dan hubungan tidak bermakna dengan lokasi tumor pada adenokarsinoma kolorektal. Kata kunci : Karsinoma kolorektal, adenokarsinoma kolorektal, usia, derajat diferensiasi, lokasi tumor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr.Yenita, M. Biomed, SpPA
Subjects: R Medicine > RB Pathology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 18 Jun 2019 14:20
Last Modified: 18 Jun 2019 14:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46336

Actions (login required)

View Item View Item