KEMAMPUAN RIZOBAKTERI UNTUK PENGENDALIAN PENYAKIT BERCAK DAUN BERSUDUT (Pseudomonas syringae pv. lachrymans) PADA TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.)

Fadhila, Miftahul Nasri (2024) KEMAMPUAN RIZOBAKTERI UNTUK PENGENDALIAN PENYAKIT BERCAK DAUN BERSUDUT (Pseudomonas syringae pv. lachrymans) PADA TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (240kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (325kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (454kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penyakit bercak daun bersudut pada tanaman mentimun disebabkan oleh bakteri Pseudomonas syringae pv. lachrymans (Psl) merupakan salah satu penyakit yang dapat mengurangi produksi. Penggunaan rizobakteri merupakan salah satu alternatif pengendalian penyakit bercak daun bersudut. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan isolat rizobakteri yang bisa menekan penyakit bercak daun bersudut dan meningkatkan pertumbuhan serta hasil tanaman mentimun. Penelitian secara eksperimen dengan 4 tahap: 1. Isolasi dan karakterisasi rizobakteri dan P. syringae pv. lachrymans. 2. Uji daya hambat isolat rizobakteri terpilih terhadap bakteri P. syringae pv. lachrymans secara In vitro. 3. Karakterisasi rizobakteri sebagai agens biokontrol terhadap P. syringae pv. lachrymans dan pemacu pertumbuhan tanaman mentimun. 4. Kemampuan rizobakteri untuk mengendalikan penyakit bercak daun bersudut secara In planta. Variabel yang diamati adalah perkembangan penyakit bercak daun bersudut dan pertumbuhan tanaman mentimun. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, semua isolat rizobakteri memiliki kemampuan menekan perkembangan penyakit bercak daun bersudut yang disebabkan oleh Psl secara In vitro. Tiga isolat menunjukan potensi dalam menekan keparahan penyakit bercak daun bersudut yaitu isolat RKKL1.2 menekan keparahan penyakit 57,07%, isolat RPKKL1.1 dan isolat RKKL1.6 menekan keparahan penyakit 64,31%. Isolat RKKL1.6 merupakan isolat yang berpotensi meningkatkan hasil tanaman mentimun dengan peningkatan bobot buah 98,09%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Haliatur Rahma, S. Si., MP
Uncontrolled Keywords: bakteri perakaran, keparahan penyakit, pengendalian hayati, pemacu pertumbuhan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 26 Feb 2024 05:04
Last Modified: 26 Feb 2024 05:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463206

Actions (login required)

View Item View Item