Pembangunan Aplikasi Helpdesk untuk Penanganan Pengaduan dan Permintaan Maintenance Perangkat Teknologi Informasi (Studi Kasus: Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Sumatera Barat)

Gusdita, Nadya (2024) Pembangunan Aplikasi Helpdesk untuk Penanganan Pengaduan dan Permintaan Maintenance Perangkat Teknologi Informasi (Studi Kasus: Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Sumatera Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
1. COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
7. BAB VI.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text (Laporan Tugas Akhir Fulltext)
LAPORAN TUGAS AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Sumatera Barat merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang salah satu tugasnya adalah memberikan layanan pembangunan aplikasi dan layanan teknologi informasi lainnya yang dibutuhkan oleh OPD atau pengguna di Provinsi Sumatera Barat termasuk melayani pengaduan dan permintaan maintenance atas layanan tersebut. Namun, aktivitas pengaduan dan permintaan maintenance masih menggunakan aplikasi perpesanan dan proses perekapan dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi spreadsheet. Hal ini mengakibatkan data riwayat pengaduan dan permintaan maintenance tidak terkelola dengan baik dan tidak terurut sesuai kronologisnya sehingga sulit untuk menentukan prioritas penanganan, selain itu adanya kesulitan dalam meneruskan isi pesan kepada pihak penanggung jawab sehingga proses menjadi lambat karena tidak adanya sistem yang mengintegrasikan langsung pemohon dan penanggung jawab, sehingga proses penanganan ini menjadi tidak efektif dan efisien. Maka dari itu, perlu adanya perbaikan terhadap proses penanganan pengaduan dan permintaan maintenance ini dengan membangun aplikasi helpdesk yang memanfaatkan konsep manajemen layanan teknologi informasi yaitu framework ITIL V.4. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data seperti observasi, wawancara, analisis dokumen, dan studi literatur dari penelitian sebelumnya. Hasilnya adalah sebuah aplikasi helpdesk berbasis web yang dibangun berdasarkan framework ITIL V.4 dan nantinya dapat mempermudah proses penanganan pengaduan dan permintaan maintenance pada Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ricky Akbar, M.Kom.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:56
Last Modified: 26 Feb 2024 03:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463166

Actions (login required)

View Item View Item