PEMANFATAAN TANAH ULAYAT KAUM UNTUK KEPENTINGAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN (Studi Kasus Sewa Tanah Sekolah Dasar Negeri 06 Paninggahan, di Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok)

NUR, AINI (2024) PEMANFATAAN TANAH ULAYAT KAUM UNTUK KEPENTINGAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN (Studi Kasus Sewa Tanah Sekolah Dasar Negeri 06 Paninggahan, di Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB 4.pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan sejatinya merupakan bentuk pengejawantahan cita-cita Negara Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana yang termaktub dalam Pembukaan UUD NRI 1945. Dalam mewujudkan komitmen untuk mencerdaskan kehidupan bangsa tersebut, negara yang dalam hal ini diwakili oleh pemerintah bertanggung jawab untuk menyelenggaran urusan pendidikan. Salah satunya urusan pendidikan dasar yang kewenangannya diberikan kepada pemerintah daerah kabupaten/kota sebagaiman ketentuan UU Pemda. Sayangnya, pada tataran empiris masih ditemui kelemahan komitmen pemerintah daerah kabupaten/kota untuk menyelenggarakan pendidikn dasar, khusunya di Kabupaten Solok. Hal ini tampak dari masih adanya praktik sewa tanah ulayat untuk bangunan SDN 06 Paninggahan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab persoalan terkait bagaimana pengaturan pemanafaatan tanah ulayat kaum untuk kepentingan penyelenggaraan pendidikan, bagaimana akibat hukum sewa tanah ulayat kaum untuk kepentingan penyelengaraan pendidikan di SDN 06 Paninnggahan serta bagaimana tanggung jawab Pemerintah Daerah Kabupaten Solok dalam menetapkan status tanah SDN 06 Paninggahan sebagai wujud jaminan persamaan hak bagi siswa SDN 06 Paninggahan. Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris yang bersifat dekriptif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data-data yang terkumpul nantinya akan diolah dan dianalisis secara kualitatif. Lokasi dari penelitian ini berada di SDN 06 Paninggahan, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok. Dari serangkaian kajian yang telah dilakukan, maka penulis merekomendasikan kepada pemerintah untuk melakukan pengadaan tanah dengan skala kecil yang mekanismenya ditentukan dalam peraturan perundang-undangan. Ketika solusi pengadaan tanah tidak berhasil dilakukan, maka tidak serta merta meniadakan tanggung jawab Pemerintah Daerah Kabupaten Solok dalam menyelenggarakan pendidikan dasar, oleh karena itu pembeban biaya sewa tanah bangunan sekolah mesti ditanggung dari APBD Kabupaten Solok untuk kedepannya. Dengan demikian hak memperoleh persamaan pendidikan dasar di Nagari Paninggahan dapat dijamin serta cita-cita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Azmi Fendri, S.H.,M.Kn
Uncontrolled Keywords: Tanah, Tanah Ulayat Kaum, dan Penyelenggaraan Pendidikan
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:39
Last Modified: 26 Feb 2024 02:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463161

Actions (login required)

View Item View Item