USAHA PENINGKATAN FOSFOR PADA SINTESIS HIDROKSIAPATIT OLAHAN KERANG PENSI (CORBICULA MOLTKIANA) MELALUI PROSES KOMBINASI MEKANIK DAN SOL GEL

Ridho, Esafarren (2024) USAHA PENINGKATAN FOSFOR PADA SINTESIS HIDROKSIAPATIT OLAHAN KERANG PENSI (CORBICULA MOLTKIANA) MELALUI PROSES KOMBINASI MEKANIK DAN SOL GEL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (26kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kasus patah tulang atau fraktur di negara Indonesia memiliki angka yang cukup tinggi. Untuk penanganan kasus patah tulang tersebut dapat menggunakan implan tulang. Material yang dapat dimanfaatkan sebagai implan tulang adalah biomaterial, dimana biomaterial yang digunakan adalah senyawa hidroksiapatit. Hidroksiapatit memiliki rumus senyawa Ca10(PO4)6(OH)2 menjadi bahan yang cocok untuk material implan karena sifatnya yang mirip dengan tulang manusia. Di Indonesia penggunaan hidroksiapatit masih diimpor dengan harga yang mahal. Sehingga telah banyak dilakukan penelitian untuk mensintesis hidroksiapatit dari bahan yang mudah diperoleh dari alam misalnya dari cangkang kerang pensi. Alasan menggunakan cangkang kerang pensi karena memiliki nilai yang ekonomis dan mudah diperoleh karena jumlahnya yang banyak tersedia di alam. Selain itu, cangkang kerang pensi berpotensi sebagai sumber kalsium dengan kandungan kalsium (Ca) sebesar 26%-30%. Pengolahan cangkang kerang pensi sebagai bahan utama untuk sintesis hidroksiapatit telah dilakukan oleh Sandi Darmawan. Hasil penelitian yang dari penelitian Sandi Darmawan adalah kandungan yang terdapat pada cangkang kerang pensi yaitu kalsium sebesar 96,78% dan fosfor sebesar 1,39%. Karena perbandingan kalsium dan fosfor yang masih jauh dari nilai hidroksiapatit komersil, dibutuhkan usaha untuk meningkatkan kadar fosfor yang ada pada cangkang kerang pensi. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah menggunakan metode sol gel dan kemudian dilakukan karakterisasi menggunakan SEM, XRD dan EDX. Hasil XRD menunjukkan proses sintesis yang paling optimum dihasilkan oleh sampel dengan variasi waktu reaksi selama 120 menit dengan kandungan senyawa hidroksiapatit terbanyak sebesar 76,8% dan juga dengan tingkat kristalinitas tertinggi sebanyak 86,68%. Hasil EDX menunjukkan bahwa perbandingan Ca/P yang mendekati nilai perbandingan hidroksiapatit komersil diperoleh dari proses sintesis dengan variasi waktu selama 120 menit yaitu dengan nilai rasio Ca/P sebesar 1,68.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Eng. Ir. H. Gunawarman
Uncontrolled Keywords: Hidroksiapatit, kerang pensi, sol gel
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 24 Feb 2024 07:39
Last Modified: 24 Feb 2024 07:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463119

Actions (login required)

View Item View Item