PENGALAMAN KOMUNIKASI LANSIA YANG MEMILIH TINGGAL DI PANTI JOMPO (Studi Fenomenologi pada Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha “Khusnul Khotimah” Dinas Sosial Provinsi Riau)

Sri, Rindiana Putri (2024) PENGALAMAN KOMUNIKASI LANSIA YANG MEMILIH TINGGAL DI PANTI JOMPO (Studi Fenomenologi pada Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha “Khusnul Khotimah” Dinas Sosial Provinsi Riau). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (616kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Panti jompo hadir dalam masyarakat untuk membantu para lansia yang membutuhkan layanan berupa sandang, papan, dan pangan. Namun, bagi sebagian masyarakat Indonesia, panti jompo dianggap sebagai tempat pembuangan orang tua dan anak yang menitipkan orang tuanya di panti jompo dicap sebagai anak ‘durhaka’. Padahal juga terdapat lansia yang memilih tinggal di panti jompo atas kemaunnya sendiri. Hal ini dapat membuka pandangan baru bagi masyarakat tentang panti jompo melalui pengalaman komunikasi lansia yang memilih tinggal di panti jompo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman komunikasi lansia serta menganalisis makna panti jompo. Metode dari penelitian ini adalah kualitatif, menggunakan pendekatan fenomenologi dengan paradigma konstruktivis. Sementara itu, teori yang digunakan adalah teori fenomenologi Edmund Husserl. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lansia merasakan pengalaman yang beragam ketika berinteraksi antarsesama lansia ataupun dengan pramu yang bersifat positif dan negatif. Pengalaman-pengalaman itu secara keseluruhan menghasilkan makna yang baik terhadap panti jompo bagi lansia. Panti jompo memberikan apa yang dibutuhkan lansia dalam kehidupan sosial mereka. Temuan ini menujukkan bagaimana panti jompo bukanlah pilihan yang buruk namun dari sudut pandang lansia itu sendiri, merupakan tempat yang mereka butuhkan dan senangi. Lansia dirawat dengan baik dan merasa nyaman dengan adanya lingkungan sosial yang suportif hingga edukatif di masa tua mereka, yakni di panti jompo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Komunikasi, Lansia, Panti Jompo
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 26 Feb 2024 07:36
Last Modified: 26 Feb 2024 07:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463067

Actions (login required)

View Item View Item