Pemanfaatan Limbah Langkitang Sebagai Absorber Pada Desalinator Tenaga Surya Tipe Kolektor Plat Datar Dengan Dua Model Kaca Penutup

Abdi Rofiqi, Fanesa (2024) Pemanfaatan Limbah Langkitang Sebagai Absorber Pada Desalinator Tenaga Surya Tipe Kolektor Plat Datar Dengan Dua Model Kaca Penutup. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (615kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (646kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (507kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (434kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Air merupakan salah satu kebutuhan dasar dalam kehidupan manusia. Air juga memiliki banyak kegunaan seperti dalam bidang industri, pertanian, rumah tangga, dan lain sebagainya. Air merupakan sumber daya yang sangat melimpah. Tetapi hanya sebagian air yang ada di bumi yang layak dikonsumsi dan dimanfaatkan, karena sebagian besar air berada di lautan. Sehingga seiring berjalannya waktu, semakin bertambahnya jumlah penduduk, maka pasokan sumber air bersih dapat semakin berkurang. Untuk itu diperlukan solusi dan penanganan yang tepat untuk mangatasi permasalahan tersebut dengan mengolah air laut menjadi air bersih. Salah satunya dengan proses destilasi. Destilasi merupakan suatu proses pemanasan bahan pada berbagai temperatur tanpa kontak dengan udara luar dimana terjadi proses kondensasi dan evaporasi dalam mendapatkan air bersih. Pada proses destilasi kali ini menggunakan alat desalinator tenaga surya dengan absorber untuk mempercepat proses evaporasi. Salah satu absorber yang digunakan adalah cangkang langkitang, dimana cangkang langkitang tersebut memiliki karakteristik mampu menyerap panas yang baik sebagai absorber. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah destilasi sederhana dengan memanfaatkan radiasi matahari menggunakan desalinator tenaga surya tipe kolektor plat datar dengan penutup berbentuk double slope dan quad slope Pengujian dilakukan selama sehari setiap 20 menit dalam 4 jam dan diuji secara bersamaan. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan dimana pada intensitas radiasi matahari 938.64 W/m² selama 4 jam pengujian, didapatkan efisiensi dari Desalinator Tenaga Surya penutup berbentuk Double Slope dengan absorber cangkang langkitang dan kolektor tipe plat datar sekitar 14.66% dengan air tawar yang dihasilkan 530ml dengan laju aliran volume 220.833 mL/jam.m². Sedangkan efisiensi tertinggi dimiliki oleh Desalinator Tenaga Surya penutup berbentuk quad slope dengan absorber cangkang langkitang dan kolektor tipe plat datar sekitar 15.77% dengan air tawar yang dihasilkan 570 ml dengan laju aliran volume 237.5 ml/jam.m². Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa desalinator tenaga surya dengan penutup berbentuk quad slope memiliki efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan penutup berbentuk double slope, serta didapatkan pula hasil bahwa cangkang langkitang dapat menjadi alternatif absorber karena dapat menyerap dan menghantarkan panas dengan baik sehingga desalinator dapat menghasilkan volume air tawar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Zulkifli Amin, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Destilasi, Absorber, Desalinator, Radiasi, Efisiensi Absorber
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 24 Feb 2024 02:38
Last Modified: 24 Feb 2024 02:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463019

Actions (login required)

View Item View Item