Uji Efikasi Herbisida Glufosinat 150 SL dan Sulfentrazone 480 SC Terhadap Gulma di Perkebunan Kopi Arabika (Coffea arabica)

Yumna, Huswatunnisa (2024) Uji Efikasi Herbisida Glufosinat 150 SL dan Sulfentrazone 480 SC Terhadap Gulma di Perkebunan Kopi Arabika (Coffea arabica). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB AKHIR .pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman kopi merupakan tanaman budidaya perkebunan yang banyak diminati masyarakat. Tanaman kopi mempunyai kontribusi yang cukup nyata dalam perekonomian di Indonesia sebagai penghasil devisa negara, pencipta lapangan kerja dan penghasil bahan baku industri pangan. Kendala yang sering dihadapi dalam penerapan budidaya kopi di perkebunan adalah gulma yang sulit diatasi. Pengendalian gulma menggunakan herbisida lebih efesien dibandingkan dengan teknik lainnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dan efektifitas bahan aktif herbisida Glufosinat, Sulfentrazone, dan kombinasi keduanya terhadap gulma pada tanaman kopi. Percobaan telah dilaksanakan di Nagari Sikinjang, Kecamatan Payung Sikaki, Kabupaten Solok. Percobaan ini disusun menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 5 taraf perlakuan, yaitu perlakuan tanpa herbisida, penyiangan manual, Glufosinat 4000 ml/ha, Sulfentrazone 2000 ml/ha, serta Glufosinat 3000 ml/ha + Sulfentrazone 1500 ml/ha. Hasil percobaan menunjukkan bahwa herbisida campuran Glufosinat 3000 ml/ha + Sulfentrazone 1500 ml/ha lebih efektif mengendalikan gulma dibandingkan perlakuan lainnya, hal ini dapat dilihat pada bobot kering gulma yang lebih rendah dibandingkan perlakuan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Ardi, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Bobot Kering, Efektifitas, Gulma , Herbisida, Kopi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 23 Feb 2024 04:10
Last Modified: 23 Feb 2024 04:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463013

Actions (login required)

View Item View Item