PEMENUHAN HAK-HAK NARAPIDANA PEREMPUAN UNTUK MENDAPATKAN PELAYANAN KESEHATAN DAN MAKANAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II B PANYABUNGAN KABUPATEN MANDAILING NATAL

Ahmad, Fadli Nasution (2024) PEMENUHAN HAK-HAK NARAPIDANA PEREMPUAN UNTUK MENDAPATKAN PELAYANAN KESEHATAN DAN MAKANAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II B PANYABUNGAN KABUPATEN MANDAILING NATAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Lembaga Pemasyarakatan adalah sebuah Lembaga yang mempunyai wewenang dalam pemenuhan hak kesehatan dan makanan kepada narapidana, hal ini diatur dalam UU Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan serta diatur dalam Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor M.HH-05.0T.01.01 Tahun 2011 Tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Kehakiman Nomor M.01-PR.07.03 Tahun 1985 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Pemasyarakatan.. Pada kenyataannya Narapidana perempuan memiliki akses yang lebih sedikit terhadap pelayanan kesehatan di Lapas, bila dibandingkan dengan narapidana laki-laki. Belum lagi bilamana terdapat narapidana perempuan yang dalam menjalani masa hukumannya sedang dalam kondisi hamil. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini yaitu 1. Bagaimanakah Pemenuhan Hak-hak Narapidana Perempuan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan makanan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal? 2.Apa saja bentuk kendala dalam melaksanakan Pemenuhan Hak-hak Narapidana Perempuan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan makanan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal?.Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum dengan pendekatan yuridis empiris. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil, yakni: 1). Pemenuhan Hak- hak Narapidana Perempuan untuk mendapat pelayanan Kesehatan dan Makanan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Panyabungan adalah dengan memberikan pelayanan kesehatan dan makanan yang sesuai standar penyelenggaraan yang diatur dalam surat Edaran Menteri.selain itu terdapatnya beberapa sarana untuk memenuhi hak kesehatan dan makanan bagi narapidana perempuan.2). Kendala dan hambatan yang ditemukan pada saat melaksanakan pengawasan adalah kurangnya tenaga kesehatan di Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Panyabungan, Kurangnya personil dalam pelayanan hak terhadap narapidana perempuan, Adanya ketidakpercayaan narapidana terhadap obat-obatan yang diberikan oleh tenaga medis, kurangnya sarana prasarana. Kata Kunci : Narapidana, Pemenuhan, Kesehatan, Makanan, Lembaga Pemasyarakatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nelwitis, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:39
Last Modified: 23 Feb 2024 03:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462992

Actions (login required)

View Item View Item