PENGARUH PENAMBAHAN DEGASSER DAN SLAGER PADA PENGECORAN PADUAN ALUMINIUM SILIKON (Al-7%Si) DENGAN KANDUNGAN AlTiB TERHADAP POROSITAS DAN NILAI KEKERASAN

Gema, Utama (2024) PENGARUH PENAMBAHAN DEGASSER DAN SLAGER PADA PENGECORAN PADUAN ALUMINIUM SILIKON (Al-7%Si) DENGAN KANDUNGAN AlTiB TERHADAP POROSITAS DAN NILAI KEKERASAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Laporan Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan pengolahan logam sudah terjadi sejak lama. Salah satu bentuk pengolahan logam adalah proses produksi atau pengecoran, yang masih banyak digunakan hingga saat ini pada komponen-komponen produksi yang siap pakai. Aluminium silikon (AlSi) adalah paduan aluminium yang sangat sering digunakan dalam industri otomotif. Penggunaan paduan aluminium ini digunakan karena memiliki nilai kekuatan, thermal stress yang baik, serta tahan terhadap korosi. Hasil coran yang baik dapat dilihat produk yang dihasilkan namun pada AlSi komersil masi didapati cacat seperti porositas, permukaan produk yang kasar, cacat inklusi serta penurunan sifat mekanik seperti kekerasan dan lain-lain. Penelitian ini dilakukan dengan melebur AlSi dengan menambakan grain refiner AlTiB sebanyak 0,02%. Untuk mengatasi penyebaran cacat dilakukan penambahan degasser dan serbuk slagger. Degasser diberikan variasi sebesar 10%,20%,30% untuk mengetahui pengaruhnya terhadap tingkat porositas dan nilai kekerasan produk hasil coran serta serbuk slager dengan variasi 1%,2%,3% sebagai pengikat terak pada logam cair tersebut. Total variasi ini menghasilkan 9 sampel dan 1 sampel murni tanpa perlakuan. Pengujian dilakukan untuk mengamati struktur makro menggunakan visual test dengan bantuan aplikasi Image J dan kekerasan dengan menggunakan mesin uji keras Vickers. Variasi penambahan degasser 30% dan serbuk slager 3% merupakan yang paling efektif dalam mengurangi cacat coran seperti porositas karena memiliki persentase area porositas paling rendah serta ukuran rata-rata porositas yang paling kecil dan juga memiliki nilai kekerasan tertinggi. Hal ini sesuai dengan teori dimana meningkatnya nilai kekerasan seiring dengan penurunan area porositas produk cor aluminium.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. H. Is Prima Nanda, M.T
Uncontrolled Keywords: Aluminium Silikon, Grain Refiner, AlTiB, Degasser, dan Slagger
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:28
Last Modified: 23 Feb 2024 03:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462942

Actions (login required)

View Item View Item