PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG KUNYIT (Curcuma domestica Val) PADA RANSUM TERHADAP PROFIL DARAH (JUMLAH ERITOSIT, HEMOGLOBIN DAN LEUKOSIT) PADA AYAM BROILER

Nur, Ramadhana Syarif (2024) PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG KUNYIT (Curcuma domestica Val) PADA RANSUM TERHADAP PROFIL DARAH (JUMLAH ERITOSIT, HEMOGLOBIN DAN LEUKOSIT) PADA AYAM BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (292kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Ttext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG KUNYIT (Curcuma domestica Val) PADA RANSUM TERHADAP PROFIL DARAH (JUMLAH ERITOSIT, HEMOGLOBIN DAN LEUKOSIT) PADA AYAM BROILER Nur Ramadhana Syarif, dibawah bimbingan Prof. Dr. Tertia Delia Nova, M. Si. dan Dr. Ir. Ahadiyah Yuniza, MS DepartemenTeknologi Produksi Ternak Fakultas peternakan Universitas Andalas, Padang, 2024 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung kunyit (Curcuma domestica Val) pada ransum terhadap profil darah (jumlah eritrosit, hemoglobin dan leukosit) pada ayam broiler. Ternak yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ayam Broiler sebanyak 100 ekor yang dipelihara dari DOC selama 7 minggu. Kandang yang digunakan dalam penelitian adalah kandang box sebanyak 20 unit dengan ukuran 70 x 70 x 60 cm. Setiap unit kandang diisi dengan 5 ekor ayam broiler. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan berupa tepung kunyit dengan level 0% (A), 1% (B), 2% (C), 3%(D) dan 4%(E) dalam ransum. Peubah yang diamati adalah jumlah eritrosit, hemoglobin dan jumlah leukosit. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisa dengan metode analisis sidik ragam dan diuji lanjut dengan Duncan multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan pemberian tepung kunyit memberikan pengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap jumlah eritrosit dan jumlah hemoglobin, namun memberikan pengaruh nyata (P<0,05)) terhadap jumlah leukosit. Jumlah eritrosit sebesar 2,68 – 3,01 106/mm3, jumlah hemoglobin sebesar 8,5 – 10,25 gram/100ml dan jumlah leukosit sebesar 19,87 – 24,23 103/mm3, jumlah eritrosit, jumlah hemoglobin dan jumlah leukosit ayam broiler dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian tepung kunyit sampai 2% dapat meningkatkan jumlah leukosit, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah eritrosit dan jumlah hemoglobin. Kata kunci :Ayam Broiler, Tepung Kunyit, Eritrosit, Hemoglobin, Leukosit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Tertia Delia Nova, M.Si Dr. Ir. Ahadiyah Yuniza, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:28
Last Modified: 26 Feb 2024 02:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462938

Actions (login required)

View Item View Item