ESTIMASI CADANGAN KARBON PADA TINGKAT POHON DAN SAPLING DI KAWASAN PERHUTANAN SOSIAL NAGARI SUMPUR KUDUS, KABUPATEN SIJUNJUNG

Falencia, Mauri Amanda (2024) ESTIMASI CADANGAN KARBON PADA TINGKAT POHON DAN SAPLING DI KAWASAN PERHUTANAN SOSIAL NAGARI SUMPUR KUDUS, KABUPATEN SIJUNJUNG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Text (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (77kB)
[img] Text (Pendahuluan)
Text (BAB I. Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (Penutup)
Text (BAB V. Penutup).pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (262kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Text (Skripsi Full Text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kawasan Perhutanan Sosial Nagari Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung memiliki kemampuan hutan dalam menyimpan cadangan karbon. Pada wilayah hutan yang terletak pada dataran tinggi menunjukkan banyak ditemukan keanekaragaman hayati pada kawasan hutan tersebut. Hal ini dipengaruhi dari kemampuan hutan dalam mempertahankan cadangan karbon dan jenis tumbuhan yang beranekaragam yang ada di kawasan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui total biomassa dan total cadangan karbon yang tersimpan pada Kawasan Perhutanan Sosial Nagari Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Mei sampai Oktober 2023. Pengambilan pada strata pohon dan sapling menggunakan metode non destructive sampling. Dari hasil penelitian didapatkan pada strata pohon sebanyak 14 famili dan 14 jenis. Strata sapling didapatkan sebanyak 17 famili dan 37 jenis. Total biomassa di atas permukaan tanah adalah 178,97 ton/ha yang terdiri dari biomassa pohon 177,83 ton/ha dan biomassa sapling 1,13 ton/ha. Total cadangan karbon di atas permukaan tanah sebesar 86,11 ton/ha yang terdiri dari cadangan karbon pohon 85,58 ton/ha dan cadangan karbon sapling 0,53 ton/ha. Kawasan Perhutanan Sosial Nagari Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung berpotensi dalam menyimpan cadangan karbon yang termasuk ke dalam kategori sedang dan perlu dilakukan pememliharaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Chairul
Uncontrolled Keywords: Biomassa, Cadangan Karbon, Perhutanan Sosial, Strata
Subjects: Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Unand
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:57
Last Modified: 23 Feb 2024 03:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462924

Actions (login required)

View Item View Item