PENGARUH AIR LAUT TERHADAP KEKUATAN SINGLE LAP SHEAR JOINT KOMPOSIT CARBON-VINYL ESTER ARAH SERAT 90°

Muhammad, Fiqri Juliadi Pratama (2024) PENGARUH AIR LAUT TERHADAP KEKUATAN SINGLE LAP SHEAR JOINT KOMPOSIT CARBON-VINYL ESTER ARAH SERAT 90°. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (286kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Komposit adalah perpaduan dari dua material atau lebih yang terdiri atas matriks dan reinforcement, menjadi suatu material baru yang memiliki mechanical properties yang lebih baik dari material penyusunnya tanpa menghilangkan sifat asli dari material tersebut. Material komposit telah banyak digunakan dalam industri penerbangan karena memiliki sifat mekanik yang unggul dan struktur yang ringan, salah satunya adalah Carbon Fiber Reinforced Polymers (CFRP). Komposit yang digunakan pada penelitian ini adalah serat karbon unidirectional arah serat 90° sebagai reinforcement dan vinyl ester sebagai matriksnya. Pembuatan panel komposit dilakukan dengan metode vacuum assited resin infusion (VARI) dan kemudian dibentuk menjadi spesimen single lap shear joint dengan metode sambungan adhesive sesuai standar ASTM D5868. Setelah dimanufaktur, spesimen single lap shear joint kemudian disiapkan untuk dilakukan pengujian lap shear test. Uji geser dipilih karena ketika bagian float pesawat amphibi berkontak dengan air laut, akan timbul tegangan geser pada bagian sambungan pada komposit. Sebelum pengujian dilakukan, spesimen single lap shear joint dibagi menjadi tiga kelompok dan diberikan perlakuan yang berbeda yaitu, tidak direndam air laut, direndam air laut saja, dan direndam air laut lalu dikeringkan. Dari hasil perlakuan perendaman air laut diperoleh nilai perubahan massa pada spesimen single lap shear joint. Pada pengujian lap shear test, nilai rata-rata kekuatan geser tertinggi yaitu 10,79 MPa terjadi pada kelompok spesimen tanpa direndam air laut, dan terendah yaitu 7,91 MPa terjadi pada kelompok spesimen direndam air laut lalu dikeringkan, dan nilai rata-rata kekuatan geser untuk kelompok spesimen direndam air laut saja yaitu 8,67 MPa. Terjadi penurunan nilai kekuatan geser antara spesimen tidak direndam air laut, dibandingkan dengan spesimen direndam air laut saja sebesar 19,64%, dan juga antara spesimen tidak direndam air laut dibandingkan dengan spesimen direndam air laut lalu dikeringkan juga terjadi penurunan nilai kekuatan geser sebesar 26,69%. Hasil perbandingan tersebut menunjukkan bahwa perlakuan perendaman air laut mengakibatkan menurunnya nilai kekuata geser dari spesimen single lap shear joint komposit carbon-vinyl ester arah serat 90°.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Ilhamdi, S.T., M.Eng
Uncontrolled Keywords: Adhesive, CFRP, Komposit, single-lap shear joint, VARI
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 23 Feb 2024 07:06
Last Modified: 23 Feb 2024 07:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462840

Actions (login required)

View Item View Item