Analisis Eksperimental Pengaruh Variasi Arah Serat Tandan Kosong Kelapa Sawit Terhadap Frekuensi Pribadi Balok Komposit Dengan Matriks Polyester

Andre, Aprilian (2024) Analisis Eksperimental Pengaruh Variasi Arah Serat Tandan Kosong Kelapa Sawit Terhadap Frekuensi Pribadi Balok Komposit Dengan Matriks Polyester. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Getaran merupakan salah satu masalah yang sangat penting dalam perencanaan konstruksi mesin. Ketika frekuensi gaya eksitasi bersamaan dengan salah satu frekuensi pribadi sistem, maka kondisi resonansi menyebabkan kerusakan serta deformasi yang signifikan pada material tersebut. Sehingga perlu penelitian lebih lanjut mengenai karakteristik getaran pada suatu material. Seiring dengan berkembangnya teknologi ramah lingkungan, salah satu yang menjadi perhatian adalah penggunaan dan pemanfaatan material berbahan komposit. Bahan komposit memiliki banyak keunggulan, diantaranya memiliki bobot yang ringan, tahan korosi, dan memiliki biaya produksi yang kecil. Pada penelitian ini dilakukan pengujian getaran secara eksperimen pada balok komposit dengan variasi arah serat tandan kosong kelapa sawit dengan tujuan untuk mendapatkan karakteristik komposit yang memiliki ketahanan getaran yang baik. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian menggunakan impact hammer untuk mendapatkan nilai Frequency Response Function (FRF). FRF ini mewakili spektrum tegangan analog yang mencerminkan percepatan, kecepatan, perpindahan, atau regangan yang telah melalui signal conditioning amplifier. Analisis sinyal dapat dimanipulasi untuk menghasilkan frekuensi pribadi dan modus getar dalam bentuk grafis maupun hasil numerik. Setelah itu, hasil dari pengujian tersebut dibandingkan dengan hasil yang didapatkan pada simulasi. Pada Tugas Akhir ini didapatkan nilai frekuensi pribadi maksimum pada arah serat 0º/0º/0º dan minimum pada arah serat 90º/0º/90º. Perbandingan nilai error frekuensi pribadi hasil pengujian dengan simulasi cukup rendah yaitu <10%. Nilai frekuensi pribadi yang tinggi menunjukan kekakuan material yang tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Nusyirwan, M.T
Uncontrolled Keywords: getaran, komposit, Frequency Response Function (FRF), frekuensi pribadi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 22 Feb 2024 08:30
Last Modified: 22 Feb 2024 08:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462819

Actions (login required)

View Item View Item