Pengaruh Penambahan Nano Partikel TiO2 Pada Minyak Kelapa Terhadap Sifat Koefisien Gesek Pada Alat Pin On Disc

MUHAMMAD FARHAN, HAQ (2024) Pengaruh Penambahan Nano Partikel TiO2 Pada Minyak Kelapa Terhadap Sifat Koefisien Gesek Pada Alat Pin On Disc. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan pelumas pada sebuah mesin bertujuan agar mesin tersebut dapat bekerja lebih efisien. Ada beberapa jenis pelumas yang banyak di digunakan pada saat ini yaitu minyak sintetis dan mineral oil, dimana limbah dari pelumas ini sangat sulit terurai oleh lingkungan sehingga akan berdampak buruk pada lingkungan jika dilakukan pembuangan secara terus-menerus ke lingkungan. Untuk itu, perlu dilakukan upaya untuk mencari alternatif pengganti bahan dasar pelumas sintetis dan mineral oil dengan minyak nabati yang lebih ramah lingkungan. Minyak nabati yang sumbernya melimpah di Indonesia adalah minyak kelapa, dimana minyak kelapa memiliki sifat fisik dan kimia yang baik terutama kandungan fatty acids yang mampu membentuk lapisan film diantara dua permukaan kontak yang sulit diputus sehingga sanggup mencegah gesekan langsung antara logam dan logam. Minyak kelapa sebagai bahan dasar pelumas, masih memiliki kelemahan diantaranya adalah mudak teroksidasi, untuk itu perlu ditambah zat aditif. Untuk meningkatkan sifat fisik dan tribologi pada minyak kelapa ini dilkakukan penambahan nano partikel TiO2. Untuk melihat efektifitas dari penambahan nano partikel pada pelumas minyak kelapa ini dilakukan pengujian tribology yaitu menguji koefisien gesek menggunakan alat uji pin on disc. Dengan melakukan perbandingan pengujian menggunakan pelumas minyak kelapa jenis HCO, VCO, dan RCO yang telah ditambahkan nano partikel TiO2 dan pengujian tanpa menambahkan nano partikel TiO2 pada pelumas minyak kelapa pada masing- masing variasi putaran 500 rpm dan 1400 rpm, serta variasi beban 50 N, 75 N, dan 100 N. Untuk hasil pengujian koefisien gesek dengan penambahan nano partikel TiO2 0,1 wt% yang ada pada minyak kelapa jenis HCO, VCO, dan RCO mendapatkan nilai koefisien gesek yang lebih rendah dibandingkan dengan minyak kelapa jenis HCO, VCO, dan RCO tanpa penambahan TiO2 disetiap penambahan beban dan variasi putaran yang di ujikan. Ini menunjukkan bahwa zat aditif TiO2 bekerja dengan baik dalam mengurangi koefisien gesek pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dedison Gasni, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Pelumas, Koefesien gesek, minyak nabati, minyak kelapa, nano partikel TiO2, tribologi, pin on disc.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 22 Feb 2024 08:18
Last Modified: 22 Feb 2024 08:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462813

Actions (login required)

View Item View Item