KEHANDALAN DAN RISIKO KENDARAAN LISTRIK (ELECTRIC VEHICLE) BERDASARKAN PERSEPSI PENGGUNA

Rahmatika Dwi, Putri Jori (2024) KEHANDALAN DAN RISIKO KENDARAAN LISTRIK (ELECTRIC VEHICLE) BERDASARKAN PERSEPSI PENGGUNA. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (PENUTUP)
3. BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (558kB)
[img] Text (TESIS UTUH)
5. TESIS UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462799

Abstract

Percepatan pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia terus dilakukan, namun banyak pernyataan pro kontra dikalangan masyarakat mengenai kehandalan dan risiko kendaraan listrik di Indonesia. Untuk itu perlu dilakukannya survey analisa kehandalan dan risiko oleh pengguna mobil dan motor listrik. Pertanyaan survey disusun dengan analisa konten yang disebar kepada pengguna kendaraan listrik di Indonesia melalui google form. Hasil yang didapatkan diolah dengan metode analisa faktor sehingga didapatkan kehandalan mobil listrik dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu exterior dengan indikator yang berpengaruh adalah design dan ukuran ban yang mampu melewati segala medan serta lampu depan dan belakang yang mudah terlihat dan performance indikator yang berpengaruh adalah harga perawatan kendaraan listrik lebih murah dibandingkan kendaraan berbahan bakar minyak. Sedangkan untuk kehandalan sepeda motor listrik dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu exterior dengan indikator yang berpengaruh adalah design dan ukuran man yang mampu melewati segala medan, performance dengan indikator Daya tenaga motor listrik yang mampu menghadapi segala medan jalan. dan safety dengan indicator memiliki system pengereman yang mencegah ban mengunci saat pengereman mendadak (Anti lock breaking system-ABS). Selanjutnya risiko mobil listrik dipengaruhi oleh dua faktor yaitu pengisian daya kendaraan dengan indicator yang berpengaruh adalah penggunaan kabel pengisian daya yang tidak berkualitas atau tidak sesuai dapat menyebabkan korsleting arus atau kerusakan pada baterai dan dampak lingkungan yaitu produksi baterai kendaraan listrik menggunakan logam seperti lithium, kobalt, dan nikel, bahan ini dapat menyebabkan dampak negative lingkungan dan sosial sedangkan untuk sepeda motor listrik hanya dipengaruhi oleh satu faktor yaitu dampak lingkungan

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Ir. Purnawan, MT., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kehandalan; Risiko; Kendaraan Listrik
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 26 Feb 2024 04:59
Last Modified: 26 Feb 2024 04:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462799

Actions (login required)

View Item View Item