Studi Eksperimental Kapasitas Geser Balok-T Beton Bertulang Tanpa Tulangan Geser Yang Diperkuat Strip dan Angkur CFRP Dengan Jarak 200 mm

Oza, Nori Nomya (2024) Studi Eksperimental Kapasitas Geser Balok-T Beton Bertulang Tanpa Tulangan Geser Yang Diperkuat Strip dan Angkur CFRP Dengan Jarak 200 mm. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB 5 Kesimpulan)
BAB 5 Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Indonesia merupakan daerah rawan bencana alam gempa. Bencana alam gempa berdampak besar pada banyak aspek, salah satunya kerusakan infrastruktur. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya kerusakan pada infrastruktur yaitu dengan perkuatan struktur. Carbon Fiber Reinforced Polymer (CFRP) adalah material komposit yang terbuat dari polimer dengan serat. CFRP menjadi pilihan alternatif perkuatan beton bertulang yang tepat karena proses instalasinya cukup mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung kapasitas geser elemen struktur beton bertulang tanpa tulangan geser dengan perkuatan strip dan angkur CFRP yang dipasang pada balok-T. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah studi eksperimental dengan melakukan percobaan benda uji di laboratorium. Penelitian ini mengkaji perilaku geser pada lima balok berpenampang T yang memiliki panjang 2300 mm. Kelima balok ini termasuk satu balok kontrol tanpa penambahan tulangan geser, satu balok kontrol tanpa penambahan tulangan geser tetapi dengan perkuatan strip CFRP pada dua sisi, satu balok kontrol tanpa penambahan tulangan geser tetapi dengan perkuatan strip CFRP pada tiga sisi (uwrap), satu balok kontrol tanpa penambahan tulangan geser tetapi dengan perkuatan strip CFRP pada dua sisi dan angkur, satu balok kontrol tanpa penambahan tulangan geser tetapi dengan perkuatan strip CFRP pada tiga sisi (uwrap) dan angkur. Jarak antar CFRP yang dipasang adalah 200 mm. Dari penelitian kapasitas geser balok-T beton bertulang tanpa tulangan geser yang diperkuat strip dan angkur CFRP dengan jarak 200 mm dapat diambil kesimpulan pemasangan CFRP meningkatkan kapasitas geser yang dapat ditahan oleh balok. Persentase peningkatan kapasitas geser balok FSN-2 40,85% terhadap balok C, balok FSA-2 sebesar 51,42% terhadap balok C, balok FUN-2 sebesar 51,42% terhadap balok C, balok FUA-2 sebesar 187,26% terhadap balok C. Pemasangan CFRP meningkatkan kekakuan balok, namun tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Rendy Thamrin, Dr.Eng
Uncontrolled Keywords: kapasitas geser, balok-T, perkuatan CFRP
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:34
Last Modified: 22 Feb 2024 07:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462788

Actions (login required)

View Item View Item