Analisis Spektroskopi dan Morfologi Kertas Isolasi Transformator yang Mengalami Penuaan Termal Dalam Campuran Minyak Mineral dan Ester Sintetis

Fadhli, Hidayatul (2024) Analisis Spektroskopi dan Morfologi Kertas Isolasi Transformator yang Mengalami Penuaan Termal Dalam Campuran Minyak Mineral dan Ester Sintetis. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Tugas Akhir Hidayatul Fadhli 1910951016 .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan struktur kimia kertas isolasi dan penampakan morfologi permukaan setelah mengalami penuaan termal dalam campuran minyak mineral dan ester sintetis yang mensimulasikan kondisi retrofilling. Penuaan termal dilakukan dengan pemanasan dalam oven listrik dengan suhu 140oC selama 14 dan 28 hari. Kertas isolasi dimasukkan kedalam campuran minyak sebelum diberi penuaan termal. Setelah mengalami penuaan termal, karakteristik kertas isolasi akan dievaluasi berdasarkan serapan gugus fungsi dan penampakan morfologi permukaan melalui pengujian fourier transform infrared (FTIR) dan scanning electron microscopy (SEM). Dari hasil pengujian dan analisa terhadap beberapa gugus fungsi pada kertas isolasi, didapatkan bahwa serapan gugus fungsi mengalami peningkatan seiring dengan lama waktu penuaan termal kecuali pada gugus fungsi O-H dan serapan gugus fungsi mengalami penurunan dengan semakin banyaknya campuran minyak mineral kecuali pada gugus fungsi C-H. Serat selulosa pembentuk kertas isolasi mengalami kerusakan akibat adanya penuaan termal dan semakin banyaknya campuran minyak mineral bentuk serat selulosa mulai sulit diamati. Kata kunci: Kertas isolasi, retrofilling, FTIR, dan SEM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Abdul Rajab
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:58
Last Modified: 23 Feb 2024 03:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462774

Actions (login required)

View Item View Item