Analisis Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Awareness Masyarakat (Studi Kasus pada Pemasaran Batik Batam)

Fiandra, Alfitri Fortuna (2024) Analisis Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Awareness Masyarakat (Studi Kasus pada Pemasaran Batik Batam). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
COVER & ABSTRAK_ALFITRI FORTUNA_1910862012.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN_ALFITRI FORTUNA_1910862012.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 PENUTUP_ALFITRI FORTUNA_1910862012.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_ALFITRI FORTUNA_1910862012.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT_ALFITRI FORTUNA_1910862012.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS MASYARAKAT (Studi Kasus pada Pemasaran Batik Batam) Oleh: Alfitri Fortuna Fiandra 1910862012 Dosen Pembimbing: Dr. Sarmiati, M.Si. Revi Marta, M.I.Kom. Industri batik merupakan salah satu sektor yang menyumbang pendapatan besar bagi perekonomian nasional. Kota Batam yang sebelumnya lebih dikenal sebagai “Kota Industri” kini turut membangun ciri khas baru daerahnya melalui batik khas Batam. Eksistensi Batik Batam memiliki potensi untuk dapat dikembangkan sebagai warisan budaya daerah yang dapat menjadi identitas Kota Batam. Komunikasi pemasaran merupakan salah satu cara untuk membantu menyampaikan potensi dan menanamkan awareness batik tersebut kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Batam dan pelaku usaha Batik Batam dalam membangun brand awareness masyarakat. Peneliti melakukan analisis dengan menggunakan teori Integrated Marketing Communication (IMC) yang terdiri dari delapan elemen komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan paradigma konstruktivisme. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Batam diwujudkan dalam berbagai kegiatan antara lain pelatihan membatik, pengenalan batik ke pelajar Kota Batam, penggunaan Batik Batam sebagai seragam harian, Batam Batik Fashion Week, dan promosi melalui media sosial. Adapun komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pelaku usaha antara lain pemasaran di galeri pribadi, berpartisipasi dalam pameran, promosi melalui media sosial, dan publikasi melalui media massa. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, IMC, Batik Batam, Brand Awareness ABSTRACT ANALYSIS OF MARKETING COMMUNICATION IN BUILDING PUBLIC BRAND AWARENESS (Case Study on Batik Batam Marketing) By: Alfitri Fortuna Fiandra 1910862012 Supervisor: Dr. Sarmiati, M.Si. Revi Marta, M.I.Kom. Batik industry is a sector that contributes large revenues to the national economy. Batam City which was previously better known as the "City of Industry", is now working to develop new regional characteristics through Batik Batam. The existence of Batik Batam has the potential to be developed as a regional cultural heritage that can become an identity of Batam City. Marketing communications is one of a way to help convey the potential and instill awareness of batik among the public. This research aims to analyze marketing communications carried out by Batam City Government and Batik Batam enterpreneurs in building public brand awareness. Researcher conducted an analysis using Integrated Marketing Communication (IMC) theory which consists of eight elements of the marketing communication. This research uses a qualitative method with a case study approach and a constructivist paradigm. Data collection methods were carried out by observation, interviews and documentation. Data analysis was carried out using Miles and Huberman data analysis techniques, namely data reduction, data presentation, as well as drawing conclusions and verification. The research results show that marketing communications carried out by Batam City Government are realized with various activities, including batik training, introducing batik to Batam City students, Batik Batam as mandatoty daily uniform, Batam Batik Fashion Week, and promotions via social media. The marketing communications carried out by Batik Batam enterpreneurs include marketing in personal galleries, participate in exhibitions, promotions via social media, and publications via mass media. Keywords: Marketing Communication, IMC, Batik Batam, Brand Awareness

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, IMC, Batik Batam, Brand Awareness
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:23
Last Modified: 26 Feb 2024 04:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462758

Actions (login required)

View Item View Item