Inovasi Formula Gel Ekstrak Jahe Merah (Zingiber officinale var. rubrum) dengan Sistem Penghantaran Niosom sebagai Antiinflamasi pada Nyeri Sendi Osteoarthritis

Nur, Syarifatun Nisa (2024) Inovasi Formula Gel Ekstrak Jahe Merah (Zingiber officinale var. rubrum) dengan Sistem Penghantaran Niosom sebagai Antiinflamasi pada Nyeri Sendi Osteoarthritis. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 8 February 2029.

Download (466kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 8 February 2029.

Download (489kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 8 February 2029.

Download (156kB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 8 February 2029.

Download (1MB)
[img] Text (BAB Akhir (Kesimpulan))
BAB Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 8 February 2029.

Download (146kB)

Abstract

Osteoarthritis merupakan peradangan sendi dengan prevalensi tinggi secara global, sedangkan pilihan terapi oral sering menimbulkan efek samping yang serius dan terapi yang diadministrasikan secara topikal belum terbukti efektif jika digunakan sebagai obat tunggal. Sediaan transdermal berbasis nanoteknologi, seperti niosom, dapat meningkatkan kemampuan bahan aktif menembus jaringan kulit dan pemilihan bahan alam dengan aktivitas antiinflamasi seperti jahe merah dapat meminimalkan toksisitas sediaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem penghantaran niosom terhadap aktivitas antiinflamasi ekstrak jahe merah. Ekstraksi rimpang jahe merah dilakukan secara maserasi diikuti penguapan pelarut untuk mendapatkan ekstrak kental. Ekstrak distandardisasi sesuai standar mutu pada literatur. Niosom dibuat dengan metode hidrasi lapis tipis dan sonikasi lalu dicampurkan ke dalam basis gel lalu dievaluasi. Uji aktivitas antiinflamasi gel niosom dilakukan dengan metode kantung udara untuk mengukur volume eksudat pada mencit dengan perlakuan injeksi karagenan saja dan injeksi karagenan yang masing-masing diberikan sediaan gel natrium diklofenak, gel ekstrak jahe merah, dan gel niosom ekstrak jahe merah. Analisis statistik ANOVA satu arah menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan (p<0,05) pada kelompok perlakuan. Uji Duncan menunjukkan perlakuan pada mencit yang diberikan gel niosom ekstrak jahe merah menghasilkan rata-rata volume eksudat terkecil dengan perbedaan subsets yang signifikan dengan perlakuan lainnya. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa sistem penghantaran niosom dapat meningkatkan aktivitas antiinflamasi ekstrak jahe merah dan memiliki potensi untuk menjadi solusi permasalahan penggunaan obat konvensional untuk meredakan nyeri sendi osteoarthritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: S1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 22 Feb 2024 03:53
Last Modified: 22 Feb 2024 03:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462733

Actions (login required)

View Item View Item