Studi Analitik Kapasitas Geser Balok-T Beton Bertulang Tanpa Tulangan Geser yang Diperkuat Strip dan Angkur CFRP dengan Jarak 150 mm

Aldi, Anugrah Mahesa (2024) Studi Analitik Kapasitas Geser Balok-T Beton Bertulang Tanpa Tulangan Geser yang Diperkuat Strip dan Angkur CFRP dengan Jarak 150 mm. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
TA UTUH ALDI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sebagai sebuah negara yang sedang berkembang, Indonesia terus melanjutkan upaya pembangunan berkelanjutan di berbagai sektor, termasuk infrastruktur. Dalam usaha memajukan pembangunan infrastruktur, pengetahuan dalam bidang konstruksi sangatlah penting. Elemen struktur yang mengalami penurunan kekuatan layan diantaranya balok. Keruntuhan balok beton bertulang karena geser sangat berbeda dengan keruntuhan karena lentur. Pada keruntuhan geser, balok langsung hancur tanpa ada peringatan terlebih dahulu. Juga retak diagonalnya jauh lebih besar dibandingkan retak lentur. Penanganan keruntuhan geser biasanya melibatkan pemberian tulangan geser. Namun, dalam situasi di mana struktur sudah terpasang, penambahan tulangan geser tidak lagi memungkinkan. Oleh karena itu, diperlukan perkuatan eksternal untuk meningkatkan kekuatan geser tersebut. Salah satu metodenya adalah dengan menambahkan CFRP lembaran pada permukaan elemen struktur beton bertulang di area geserannya dan penambahan CFRP angkur. Carbon Fiber Reinforced Polymer (CFRP) adalah jenis material perkuatan struktur yang tahan korosi, mempunyai kuat tarik yang tinggi, superior dalam daktilitas, bobotnya ringan sehingga tidak memerlukan peralatan yang berat untuk membawanya ke lokasi. Seiring dengan tingkat kerusakan struktur yang membutuhkan perkuatan lebih untuk meningkatkan kapasitas, maka dibutuhkan alternatif jumlah CFRP lebaran dan CFRP angkur yang efektif. (Sumargo, Ruslan , & R, 2014). Pada tugas akhir ini akan membahas mengenai perilaku dari pemasangan CFRP lembaran dan CFRP angkur pada balok T menggunakan aplikasi Atena 2D V.5. Penelitian ini menggunakan 5 model benda uji dengan variasi jarak pemasangan CFRP 150 mm. Balok C(tanpa perkuatan), balok FSN-1(CFRP lembaran sisi web tanpa angkur), balok FSA-1(CFRP lembaran sisi web dengan angkur), balok FUN-1(CFRP lembaran U web tanpa angkur), dan FUA-1(CFRP lembaran U dengan angkur. Pada hasil penelitian ini didapatkan nilai kapasitas geser balok dengan perkuatan CFRP lebih tinggi dibandingkan balok T tanpa tulangan geser yang tidak diperkuat dengan CFRP lembaran dan angkur yaitu mencapai lebih dari 100%. Pendekatan analitik menggunakan aplikasi Atena 2D V.5 menghasilkan hasil yang mendekati dengan hasil eksperimental, dapat dilihat dari nilai grafik beban-lendutan dan bentuk pola retak yang didapat. hal ini menandakan pendekatan numerik sudah cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Eng. Rendy Thamrin, S. T., M. T.
Uncontrolled Keywords: Analitik,, Balok, Carbon Fiber Reinforced Polymer, Pola Retak, Kapasitas Geser
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 22 Feb 2024 02:28
Last Modified: 22 Feb 2024 02:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462716

Actions (login required)

View Item View Item