PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG KUNYIT (Curcuma domestica Val.) DALAM RANSUM TERHADAP PERSENTASE KARKAS, LEMAK ABDOMEN DAN ORGAN DALAM (HATI DAN GINJAL) PADA AYAM BROILER

Rifki, Delfian Nofid (2024) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG KUNYIT (Curcuma domestica Val.) DALAM RANSUM TERHADAP PERSENTASE KARKAS, LEMAK ABDOMEN DAN ORGAN DALAM (HATI DAN GINJAL) PADA AYAM BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (393kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan)
BAB V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (450kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI UPLOAD Rifki DN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung kunyit dalam ransum terhadap persentase karkas, lemak abdomen, dan organ dalam (hati dan ginjal) pada ayam broiler. Pada penelitian ini digunakan 100 ekor ayam broiler strain Lohman galur MB-202 PLATINUM tanpa pemisahan jenis kelamin yang dipelihara sampai umur 7 minggu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dengan masing-masing 4 ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini terdiri dari A (Ransum dengan 0% Tepung Kunyit), B (Ransum dengan 1% Tepung Kunyit), C (Ransum dengan 2% Tepung Kunyit), D (Ransum dengan 3% Tepung Kunyit), E (Ransum dengan 4% Tepung Kunyit). Parameter yang diteliti adalah persentase karkas, lemak abdomen, dan organ dalam (hati dan ginjal) pada ayam broiler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung kunyit hingga 4% dalam ransum ayam broiler memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap persentase karkas, dan memberikan pengaruh yang nyata (P<0,05) terhadap persentase lemak abdomen, namun memberikan pengaruh yang tidak nyata (P>0,05) terhadap persentase organ dalam pada ayam broiler. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penambahan tepung kunyit 1% adalah hasil terbaik dengan menghasilkan persentase karkas 70,38%, persentase lemak abdomen 1,05%, persentase hati 2,07%, dan persentase ginjal 1,03% terhadap ayam broiler.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Tertia Delia Nova, M. Si
Uncontrolled Keywords: broiler, tepung kunyit, persentase karkas, lemak abdomen, hati dan ginjal.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 27 Feb 2024 04:38
Last Modified: 27 Feb 2024 04:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462715

Actions (login required)

View Item View Item