PROYEK STUDI KELAYAKAN EKONOMI DAN TEKNIS PENAMBANGAN BAHAN BAKU SEMEN DI WILAYAH IZIN USAHA PERTAMBANGAN PT SEMEN PADANG

SIDIQ, DEDI MUHAMAD (2024) PROYEK STUDI KELAYAKAN EKONOMI DAN TEKNIS PENAMBANGAN BAHAN BAKU SEMEN DI WILAYAH IZIN USAHA PERTAMBANGAN PT SEMEN PADANG. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (315kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (Laporan Teknik)
Full Laporan Teknik.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Studi kelayakan tambang bahan baku PT Semen Padang ini dilakukan untuk mengevaluasi potensi ekonomi dan teknis proyek penambangan di wilayah izin usaha pertambangan. Metodologi yang digunakan mencakup analisis tinjauan umum dan geologi, identifikasi dan estimasi sumber daya dan cadangan mineral, kajian teknis, perencanaan tambang, rencana pengolahan dan pemurnian bahan galian, rencana konstruksi, lingkungan dan keselamatan pertambangan, program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, serta penilaian kelayakan ekonomi. Hasil proyek ini bertujuan untuk memastikan bahwa jumlah cadangan bahan baku semen bernilai ekonomis dari aspek teknis dan aspek non-teknis. Dengan mempertimbangkan risiko dan ketidakpastian yang mungkin muncul, hasil kajian menunjukkan bahwa proyek ini layak dari segi ekonomi dan teknis. Rekomendasi yang disertakan dalam studi ini memberikan panduan untuk implementasi proyek dan manajemen risiko, serta menekankan pentingnya pemantauan dan evaluasi berkelanjutan selama fase operasional. Proyek studi kelayakan ini menjadi dasar yang kokoh bagi para pemangku kepentingan dalam mengambil keputusan terkait investasi di sektor pertambangan batu bara di wilayah ini. Sesuai dengan hasil analisa bahwa dalam investasi modal awal yang diperlukan untuk penambangan bahan baku di WIUP 536,85 Ha adalah sebesar Rp. 514.590.624.126,- dimana sumber pendanaan 100% berasal dari Semen Indonesia Group. Modal tetap Rp.435.263.808.099,- dan Modal kerja selama 3 bulan pertama sebesar Rp.79.326.816.027,- dengan IRR yang diperoleh adalah 14,85%, PBP 5.38 Tahun, dan NPV Rp. 943.408.613,- pada discount factor 8,90%. Sehingga dari analisis tekno ekonomi yang telah dilakukan terhadap rencana penambangan di WIUP 536,85 ha PT Semen Padang, dapat diambil kesimpulan bahwa rencana tersebut masih layak untuk dilakukan (Feasible Go).

Item Type: Other
Primary Supervisor: IR. INSANNUL KAMIL M.ENG, PH.D, IPM, ASEAN ENG.
Uncontrolled Keywords: aspek teknis, aspek non teknis, manajemen risiko, investasi, modal awal, modal tetap, IRR, NPV, Feasible Go.
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Profesi Insinyur
Date Deposited: 22 Feb 2024 02:26
Last Modified: 22 Feb 2024 02:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462696

Actions (login required)

View Item View Item