PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG RUMPUT LAUT COKELAT (Phaeophyceae) Sargassum crassifolium DALAM RANSUM TERHADAP PROFIL LIPID SERUM DARAH BROILER

Jimmi, Rio Sinurat (2024) PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG RUMPUT LAUT COKELAT (Phaeophyceae) Sargassum crassifolium DALAM RANSUM TERHADAP PROFIL LIPID SERUM DARAH BROILER. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (721kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (359kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung rumput laut cokelat Sargassum crassifolium (TRLCSc) yang sudah diturunkan kadar garamnya dengan metode perendaman pada air mengalir selama 15 jam, terhadap kandungan kolesterol total, LDL, HDL, dan trigliserida serum darah broiler. Penelitian menggunakan 100 ekor DOC broiler jenis strain Lohman galur MB-202 Platinum campuran jantan dan betina, dengan berat awal rata-rata 45,2 ± 2,82 g/ekor. Pemeliharaan broiler umur 1 minggu diberi ransum komersil Vivo 512, dan umur 2 minggu sampai 6 minggu diberi ransum perlakuan yang mengandung TRLCSc. Jenis kandang yang digunakan adalah kandang box berukuran 60 x 50 x 50 cm, dan masing-masing kandang ditempati oleh 5 ekor broiler. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL), terdiri dari 4 perlakuan pemberian TRLCSc yang berbeda dalam ransum (0, 6, 12, dan 18%). Masing-masing perlakuan diulang 5 kali. Peubah yang diamati: kolesterol total, LDL, HDL, dan trigliserida serum darah broiler. Hasil analisis ragam menunjukkan pemberian TRLCSc dalam ransum broiler berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kolesterol total, berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap LDL, dan berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap trigliserida dan HDL serum darah broiler. Kesimpulan penelitian ini adalah, pemberian TRLCSc yang telah diturunkan kadar garamnya dalam ransum broiler sampai 18%, dapat menurunkan kandungan kolesterol total, LDL, namun tidak mempengaruhi kandungan trigliserida dan HDL serum darah broiler. Pada kondisi ini diperoleh kandungan kolesterol total 164,90 mg/dL dengan persentase penurunan sebesar 5,83%, kandungan LDL 123,18 mg/dL dengan persentase penurunan sebesar 5,60%, kandungan trigliserida 54,18 mg/dL, dan kandungan HDL 30,56 mg/dL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Maria Endo Mahata, MS
Uncontrolled Keywords: HDL, Kolesterol total, LDL, S. crassifolium, Trigliserida
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:50
Last Modified: 23 Feb 2024 03:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462687

Actions (login required)

View Item View Item