PENGARUH LAMA FERMENTASI BUAH MANGROVE (Sonneratia alba) DENGAN KAPANG Aspergillus niger TERHADAP KECERNAAN FRAKSI SERAT (NDF, ADF, SELULOSA dan HEMISELULOSA) SECARA IN VITRO

Alfikri, Adha (2024) PENGARUH LAMA FERMENTASI BUAH MANGROVE (Sonneratia alba) DENGAN KAPANG Aspergillus niger TERHADAP KECERNAAN FRAKSI SERAT (NDF, ADF, SELULOSA dan HEMISELULOSA) SECARA IN VITRO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK_removed.pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (356kB)
[img] Text (Bab 5. Kesimpulan)
KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (366kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI SCHOLAR UNAND_ALFIKRI ADHA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama fermentasi buah mangrove (Sonneratia alba) dengan kapang Aspergillus niger terhadap kecernaan fraksi serat (NDF,ADF,Selulosa dan Hemiselulosa) secara in vitro. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen , menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan P1(buah mangrove fermentasi 7 hari), P2(buah mangrove fermentasi 10 hari), P3(buah mangrove fermentasi 13 hari), P4(buah mangrove fermentasi 16 hari) dengan dosis 6% masing-masing perlakuan. Peubah yang diukur adalah kecernaan fraksi serat (ADF,NDF, selulosa dan hemiselulosa). Data dianalisis dengan analisis ragam dan perbedaan rataan perlakuan diuji lanjut dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT). Hasil analisis menunjukkan bahwa perlakuan memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap kecernaan NDF, ADF, selulosa dan hemiselulosa. Rataan Kecernaan NDF berkisar 34,16% - 48,07%, rataan Kecernaan ADF berkisar 32,16% - 40,07%, rataan kecernaan selulosa berkisar 45,47% - 57,30% dan hemiselulosa 46,40% - 58,16%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa fermentasi selama 16 hari pada buah mangrove dengan kapang Aspergillus niger menghasilkan kecernaan fraksi serat tertinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Roni Pazla, S.Pt, MP
Uncontrolled Keywords: In Vitro, Buah mangrove, Fraksi serat, Fermentasi
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 21 Feb 2024 08:30
Last Modified: 21 Feb 2024 08:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462641

Actions (login required)

View Item View Item