Manajemen Program Kegiatan Perpustakaan Keliling Oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang

Redha, Fitri Darma (2024) Manajemen Program Kegiatan Perpustakaan Keliling Oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (72kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (448kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI REDHA FITRI DARMA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Manajemen Program Kegiatan Perpustakaan Keliling oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi Perpustakaan Umum Kota Padang yang kurang baik, dan sedikitnya jumlah pengunjung yang datang. Sehingga membuat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang melakukan jemput bola dengan melaksanakan kegiatan Perpustakaan Keliling yang terdapat inovasi di dalam kegiatannya. Hal ini membuat angka Tingkat Gemar Membaca Kota Padang berada di posisi tiga besar antar kabupaten/kota di Sumatera Barat. Namun, terdapat berbagai kendala dalam pelaksanaan kegiatan Perpustakaan Keliling, baik itu dari segi anggaran, sumber daya manusia dan ketersediaan sarana prasarana yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah fungsi manajemen menurut Ricky W. Griffin yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan program kegiatan Perpustakaan Keliling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen program kegiatan Perpustakaan Keliling oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang telah dilaksanakan dengan cukup baik, meskipun dalam pelaksanaannya masih belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari adanya beberapa kendala seperti terbatasnya anggaran sehingga membuat kegiatan Perpustakaan Keliling belum bisa dirasakan oleh seluruh daerah yang ada di Kota Padang dan kurangnya jumlah sarana prasarana yang ada yaitu koleksi buku dan juga mobil Perpustakaan Keliling. Selain itu kendala lain yang ditemukan masih kurangnya jumlah SDM terutama yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang Perpustakaan membuat Perpustakaan kekurangan pegawai yang ahli di bidang Perpustakaan. Pelaksanaan program kegiatan Perpustakaan Keliling selanjutnya membutuhkan sumber daya manusia yang lebih ahli di bidang Perpustakaan dan memaksimalkan penggunaan anggaran untuk mengembangkan program tersebut agar dapat dirasakan oleh seluruh daerah di Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Muhammad Ichsan Kabullah, S.IP, M.PA
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen, Program, Perpustakaan Keliling, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 21 Feb 2024 08:48
Last Modified: 21 Feb 2024 08:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462637

Actions (login required)

View Item View Item