JENIS DAN TINGKAT SERANGAN LALAT BUAH (DIPTERA: TEPHRITIDAE) PADA TANAMAN PARE (Momordica charantia Linnaeus) DI KOTA PADANG

Sandra, Aprilia Sarwita (2024) JENIS DAN TINGKAT SERANGAN LALAT BUAH (DIPTERA: TEPHRITIDAE) PADA TANAMAN PARE (Momordica charantia Linnaeus) DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (BAB V. PENUTUP)
BAB V. PENUTUP.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (BAB I. PENDAHULUAN)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (369kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (736kB) | Request a copy

Abstract

Lalat buah merupakan hama utama yang paling merugikan petani pare. Kerusakan akibat serangan lalat buah dapat menurunkan kualitas dan kuantitas, bahkan bisa mencapai 100%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan tingkat serangan lalat buah yang menyerang tanaman pare di Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Penentuan lokasi sampel dengan metode purposive sampling dan sampel tanaman diambil secara acak sistematis. Pengambilan sampel di Kota Padang dilakukan pada lokasi sentra penanaman sayuran yaitu Kecamatan Kuranji, Koto Tangah dan Pauh. Lokasi pengambilan sampel ditentukan dengan luas lahan minimal 300 m2. Hasil identifikasi lalat buah yang menyerang tanaman pare di Kota Padang ditemukan satu spesies yaitu, Bactrocera cucurbitae. Tingkat serangan lalat buah paling tinggi ditemukan pada lahan penanaman pare di Sungai Lareh, Kecamatan Koto Tangah (64,29%) dan terendah pada lahan pare di Koto Lua Kecamatan Pauh (0%). Jumlah imago lalat buah yang paling banyak juga ditemukan di Sungai Lareh, Kecamatan Koto Tangah sebanyak 803 individu. Hasil pengamatan perbedaan ukuran buah di lapangan menunjukkan bahwa B. cucurbitae lebih menyukai meletakkan telur pada buah pare dengan ukuran buah antara 10-20 cm dibandingkan ukuran buah yang lebih kecil dari 10 cm atau lebih besar dari 20 cm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Hasmiandy Hamid, SP. MSi
Uncontrolled Keywords: B. cucurbitae, pare, tingkat serangan, ukuran buah.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 22 Feb 2024 08:22
Last Modified: 22 Feb 2024 08:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462614

Actions (login required)

View Item View Item