Pengaruh Penambahan Degasser Dan Slager Pada Commercial Bronze (10%Zn) Terhadap Cacat Porositas Dan Struktur Makro – Mikro

Muhammad, Ilham (2024) Pengaruh Penambahan Degasser Dan Slager Pada Commercial Bronze (10%Zn) Terhadap Cacat Porositas Dan Struktur Makro – Mikro. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kuningan merupakan logam dari campuran tembaga dan seng dengan lebih 50% tembaga dan seng sebagai logam paduan utama. Salah satu jenis kuningan yang umum digunakan dalam berbagai aplikasi komersial adalah logam commercial bronze. Commercial bronze ini adalah paduan tembaga yang mengandung campuran tembaga dan seng dengan komposisi 90% tembaga dan 10% seng, yang salah satunya digunakan untuk pembuatan produk seperti ganto, talempong, dan lain-lain. Salah satu proses pengolahan commercial bronze yaitu dengan proses pengecoran. Produk hasil pengecoran logam biasanya menimbulkan kerusakan atau cacat. Salah satu cacat coran yaitu cacat porositas yang disebabkan perbedaan suhu yang sangat tinggi antara cetakan dengan logam cair yang dituang mengakibatkan sejumlah gas terperangkap, sehingga gas tersebut harus dikeluarkan. Salah satu cara untuk mengurangi cacat pada logam dengan menambahkan degasser dan cover flux berupa serbuk slager. Pada penelitian ini menggunakan variasi degasser sebesar 10%, 20%, 30% untuk mengetahui pengaruhnya terhadap tingkat porositas serta variasi slager sebesar 1%, 2%, 3% sebagai pengikat terak pada logam cair. Total variasi ini menghasilkan 9 sampel dan 1 sampel murni tanpa perlakuan. Pengujian dilakukan untuk mengamati struktur makro menggunakan visual test dengan bantuan aplikasi Image J, struktur mikro menggunakan mikroskop optik stereo GX7. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan degasser dan serbuk slager dapat mengurangi cacat porositas pada commercial bronze. Kata kunci : Commercial Bronze, Degasser, Serbuk Slager, Porositas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. H. Is Prima Nanda, M.T
Uncontrolled Keywords: Commercial Bronze, Degasser, Serbuk Slager, Porositas.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:19
Last Modified: 22 Feb 2024 07:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462581

Actions (login required)

View Item View Item