Pola Kerja Perempuan Pencari Cacing Sutra (Studi Kasus Tujuh Perempuan Pencari Cacing Sutra di Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang)

Mega, Nasriyanti (2024) Pola Kerja Perempuan Pencari Cacing Sutra (Studi Kasus Tujuh Perempuan Pencari Cacing Sutra di Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (405kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (868kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (605kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (574kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perempuan yang bekerja sebagai pencari cacing sutra. Sebagian orang beranggapan bahwa pekerjaan tersebut suatu hal yang kotor, karena berhubungan dengan cacing, limbah dan sampah. Namun, bagi perempuan pencari cacing sutra, cacing sutra merupakan ladang penghasilan. Dalam menjalankan pekerjaannya sebagai pencari cacing sutra, mereka tidak langsung bisa dan harus beradaptasi dengan pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang perempuan pencari cacing sutra dan pola kerja perempuan pencari cacing sutra. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan, observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Pemilihan informan dengan teknik purposive sampling yaitu pemilihan informan dengan kriteria tertentu. Informan terbagi ke dalam dua jenis yaitu informan kunci dan informan biasa. Informan kunci terdiri dari tujuh perempuan pencari cacing sutra, sedangkan informan biasa adalah suami, anak, tetangga perempuan pencari cacing sutra dan karyawan PT Lembah Karet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perempuan pencari cacing sutra memiliki peran yang penting dalam memenuhi kebutuhan ekonomi rumah tangga. Latar belakang perempuan bekerja mencari cacing sutra disebabkan karena masalah ekonomi, pendidikan yang rendah dan faktor sosial. Perempuan pencari cacing sutra juga memiliki pola kerja yang hampir sama yang terdiri aktivitas rumah tangga, persiapan kerja, proses bekerja, penjualan, dan pemanfaatan hasil pendapatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Nursyirwan Effendi
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Cacing Sutra, Ekonomi Rumah Tangga
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: S1 Antropologi Sosial
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:11
Last Modified: 22 Feb 2024 07:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462565

Actions (login required)

View Item View Item