TOTAL KOLONI BAKTERI, MORTALITAS EMBRIO, DAYA TETAS, DAN SALEABLE DUCK TELUR TETAS ITIK MOJOSARI YANG DICELUPKAN DENGAN EKSTRAK DAUN SALAM (Syzygium polyanthum)

Sanjaya, Putra (2024) TOTAL KOLONI BAKTERI, MORTALITAS EMBRIO, DAYA TETAS, DAN SALEABLE DUCK TELUR TETAS ITIK MOJOSARI YANG DICELUPKAN DENGAN EKSTRAK DAUN SALAM (Syzygium polyanthum). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahluan.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan)
BAB V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (247kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan ekstrak daun salam (Syzygium polyanthum) sebagai sanitasi pada telur tetas itik Mojosari. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan analisis deskriptif dan membandingkan masing-masing nilai persentase dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan terdiri dari P0 (tanpa pencelupan), P1 (dengan ekstrak daun salam 10%), P2 (ekstrak daun salam 20%) dan perlakuan P3 (eksktrak daun salam 30%) yang dicelupkan selama 15 detik. Jumlah telur yang digunakan 120 butir telur fertil itik Mojosari. Peubah yang diamati yaitu total koloni bakteri, mortalitas embrio, daya tetas dan saleable duck. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil terbaik dari penggunaan ekstrak daun salam (Syzygium polyanthum) pada konsentrasi 20% cenderung lebih baik terhadap total koloni bakteri yaitu 6,21 log 10 cfu/cm2 , mortalitas embrio 23,33%, daya tetas 76,67% dan saleable duck 100%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan ekstrak daun salam (Syzygium polyanthum) dengan konsentrasi 20% sebagai sanitasi telur tetas itik Mojosari dapat menurunkan total koloni bakteri, mortalitas embrio sehingga dapat meningkatkan daya tetas dan saleable duck itik Mojosari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Husmaini, MP
Uncontrolled Keywords: Daya Tetas, Ekstrak Daun Salam, Itik Mojosari, Mortalitas Embrio, Saleable Duck, Total Koloni Bakteri.
Subjects: Q Science > QL Zoology
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 21 Feb 2024 07:00
Last Modified: 21 Feb 2024 07:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462550

Actions (login required)

View Item View Item