Hubungan Usia Menarche dan Lama Menstruasi dengan Intensitas Dismenore Primer pada Remaja Puteri di SMP Negeri 30 Padang tahun 2023

Ratia, Andive Oktin (2024) Hubungan Usia Menarche dan Lama Menstruasi dengan Intensitas Dismenore Primer pada Remaja Puteri di SMP Negeri 30 Padang tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text (Bab I)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (Bab Akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB Akhir (Penutup_Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (Fulltext)
Tugas Akhir (Full Text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan oleh adanya kejadian dismenore primer merupakan masalah ginekologis yang paling umum dialami wanita dan dapat menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari. Terjadinya dismenore primer dapat dipengaruhi oleh faktor usia menarche, dan lama menstruasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan usia menarche dan Lama Menstruasi dengan Intensitas Dismenore Primer pada Remaja Puteri di SMP Negeri 30 Padang tahun 2023. Penelitian ini menggunakan analitik dengan metode cross sectional dan pengambilan data primer yang dikumpulkan menggunakan kuesioner pada Agustus 2023. Responden dalam penelitian ini adalah siswi remaja puteri di SMP Negeri 30 Padang yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dengan jumlah 83 responden. Data yang diperoleh di analisis chi-square (p<0,05). Berdasarkan hasil uji chi-square diketahui bahwa responden yang mengalami dismenore primer dengan intensitas nyeri berat sebesar 42,2%, responden yang mengalami usia menarche cepat sebesar 57,8% dan responden mengalami Lama Menstruasi lebih dari 8 hari sebesar 37,3%. Dismenore primer dengan intensitas nyeri berat mayoritas terjadi pada responden yang usia menarche nya tergolong cepat yaitu 68,8% (p=0,000). Sedangkan yang mengalami menstruasi lebih dari 8 hari yaitu sebesar 100% (p=0,000). Intensitas dismenore primer mempunyai bubungan yang signifikan dengan usia menarche yang cepat dan Lama Menstruasi yang lebih dari 8 hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Bobby Indra Utama, Sp.OG (K)
Uncontrolled Keywords: Intensitas Dismenore primer, usia menarche, Lama Menstruasi
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 22 Feb 2024 05:01
Last Modified: 22 Feb 2024 05:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462549

Actions (login required)

View Item View Item