Melati, Tri Wangi (2024) Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Pelayanan (Studi Deskriptif Layanan PANDAWA BPJS Kesehatan Cabang Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text
cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (644kB) |
|
Text
BAB I Pendahuluan.pdf - Updated Version Download (324kB) |
|
Text
BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (191kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (313kB) |
|
Text
full text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
BPJS Kesehatan Cabang Padang merupakan badan hukum publik yang bertugas dalam penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bagi peserta JKN-KIS Kota Padang. BPJS Kesehatan membuktikan penerapan digitalisasi oleh pemerintah dengan menghadirkan inovasi kanal pelayanan online menggunakan WhatsApp yaitu layanan PANDAWA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan layanan PANDAWA sebagai media pelayanan BPJS Kesehatan dan menganalisis upaya BPJS Kesehatan Cabang Padang dalam menarik masyarakat menggunakan layanan PANDAWA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan paradigma post-positivisme. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat yang dirasakan peserta JKN-KIS yang sudah pernah menggunakan layanan PANDAWA pelayanan administrasi menjadi lebih mudah dan dapat menghemat waktu, tenaga, dan juga uang sehingga dapat menyederhanakan urusan administrasi. Namun karena layanan PANDAWA menggunakan media sosial WhatsApp, gangguan sistem atau sistem error beberapa kali terjadi. Untuk menarik masyarakat menggunakan layanan PANDAWA, BPJS Kesehatan Cabang Padang saluran komunikasi interpersonal yang terjadi di kantor BPJS Kesehatan Cabang Padang dan komunikasi massa berupa media sosial dan media cetak. Usaha BPJS Kesehatan Cabang Padang mensosialisasikan layanan PANDAWA dinilai masih belum optimal ditandai dengan masih banyaknya peserta JKN-KIS yang datang ke kantor untuk sekedar melakukan pelayanan administrasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom |
Uncontrolled Keywords: | BPJS Kesehatan Cabang Padang, Layanan PANDAWA, Komunikasi Pelayanan Publik, WhatsApp |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 10:02 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 10:02 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462517 |
Actions (login required)
View Item |