Shalsabilla, Maharani (2024) Strategi Branding Miss Glam dalam Membangun Brand Awareness sebagai K-Beauty Store di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version Download (266kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (365kB) |
|
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 (Penutup).pdf - Published Version Download (284kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (204kB) |
|
Text (Full Text - Shalsabilla Maharani)
Skripsi - Shalsabilla Maharani (1810862007) (1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Sektor kosmetik di Indonesia saat ini sedang tumbuh secara signifikan dan menyebabkan terjadinya persaingan antar brand. Hal ini menuntut sebuah brand untuk memiliki strategi yang tepat dalam membangun brand awareness. Ini merupakan salah satu tugas dari seorang public relations untuk dapat mengambil perhatian dan memunculkan sudut pandang positif perusahaan di publik. Salah satu toko kosmetik yang ikut berkompetisi di dunia kecantikan adalah Miss Glam yang terletak di Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi branding yang dilakukan oleh Miss Glam menggunakan Teori Brand Expression. Terdapat tiga item strategi branding dari brand expression yaitu, brand positioning, brand identity, dan brand personality. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan paradigma konstruktivisme. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian kali ini menggunakan versi Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Miss Glam belum seutuhnya menjadi Korean Beauty Store seperti visi yang diinginkannya. Interpretasi Korean Beauty pada Mis Glam memiliki arti sebagai experience bergaya Korea seperti tulisan-tulisan Korea dan playlist musik Korea, ini berbeda dengan makna fenomena Korean Beauty pada umumnya yaitu produk-produk kecantikan yang berasal dari Korea Selatan yang bisa memberikan efek cerah, lembab, dan sehat. Strategi branding yang dilakukan oleh Miss Glam dalam membangun brand awareness di antaranya memberikan pengalaman yang nyaman dan bernuansa Korea, memosisikan diri sebagai toko kosmetik dengan produk terlengkap dan termurah, menggunakan Instagram dan TikTok sebagai media komunikasi, mengadakan event untuk menjangkau audiens lebih luas, memanfaatkan peran beauty influencer dalam memperkuat reputasi brand, pengunaan baliho sebagai media komunikasi luar ruangan, membangun hubungan baik dengan mitra potensial, membuat loyalty program “Miss VIP”, dan konsistensi penggunaan identitas brand. Semua strategi yang dilakukan oleh Miss Glam bertujuan supaya pelanggan datang langsung ke tokonya dan dapat menikmati experience bergaya Korea yang diberikan oleh Miss Glam hingga menciptakan hubungan positif dengan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Ernita Arif, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Brand Awareness, Korean Beauty, Miss Glam, Public Relations, Strategi Branding |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 07:32 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 07:32 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462501 |
Actions (login required)
View Item |