PENGARUH TINGKAT PERBANDINGAN TEPUNG BERAS MERAH (Oryza nivara) DAN TEPUNG KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris L.) TERHADAP KARAKTERISTIK SNACK BAR

Risti, Aulia Sari (2024) PENGARUH TINGKAT PERBANDINGAN TEPUNG BERAS MERAH (Oryza nivara) DAN TEPUNG KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris L.) TERHADAP KARAKTERISTIK SNACK BAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK RISTI UPLOAD.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
PENDAHULUAN RISTI UPLOAD.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
KESIMPULAN SARAN RISTI UPLOAD.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA RISTI UPLOAD.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI RISTI AULIA SARI UPLOAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Snack bar adalah pangan dengan karakteristik padat berbentuk batang yang terbuat dari campuran serealia, buah-buahan dan sayuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan tepung beras merah dan tepung kacang merah terhadap karakteristik mutu snack bar. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Data dianalisis secara statistik menggunakan Analysis Of Variance (ANOVA) dan dilanjutkan dengan Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Perbandingan tepung pada penelitian ini adalah A (65% tepung beras merah : 35% tepung kacang merah), B (60% tepung beras merah : 40% tepung kacang merah), C (55% tepung beras merah : 45% tepung kacang merah), D (50% tepung beras merah : 50% tepung kacang merah), dan E (45% tepung beras merah : 55% tepung kacang merah). Hasil penelitian ini menunjukan perbandingan tepung beras merah dan kacang merah berpengaruh nyata terhadap kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak, kadar karbohidrat, nilai energi, aktivitas antioksidan, nilai organoleptik rasa dan tekstur. Namun berpengaruh tidak nyata terhadap nilai organoleptik warna dan aroma. Snack bar terbaik terdapat pada perbandingan tepung beras merah 45% : tepung kacang merah 55% dengan hasil analisis yaitu kadar air 9,89%, kadar abu 3,50%, kadar protein 19,12%, kadar lemak 18,11%, kadar karbohirat 49,38%, total serat pangan 19,10%, aktivitas antioksidan 18,11% dan nilai energi 520,16 kkal/100g. Serta nilai organoleptik yaitu aroma 4,40 (suka), warna 4,35 (suka), rasa 4,25 (suka) dan tekstur 4,00 (suka).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Rini, MP
Uncontrolled Keywords: tepung beras merah, tepung kacang merah, snack bar
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 teknologi hasil pertanian
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:42
Last Modified: 22 Feb 2024 07:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462493

Actions (login required)

View Item View Item