PEMBERIAN BERBAGAI JENIS PUPUK N, P DAN K TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MARKISA Passiflora edulis f. flavicarpa Deg.

Andri, Oktavian (2024) PEMBERIAN BERBAGAI JENIS PUPUK N, P DAN K TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MARKISA Passiflora edulis f. flavicarpa Deg. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
upload cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
upload - BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
upload - BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (28kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
upload - Daftar Pustaka .pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text (Full Skripsi)
upload - Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Markisa (Passiflora sp.) merupakan tanaman hortikultura yang memiliki peluang besar untuk dikembangkan di dataran rendah. Oleh karena itu diperlukan teknologi budi daya markisa dataran rendah khususnya pemupukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis pupuk N, P, dan K terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman markisa Passiflora edulis f. flavicarpa Deg. Penelitian ini telah dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas yang terletak pada ketinggian 164 mdpl di kota Padang pada bulan Mei 2022 sampai Februari 2023. Penelitian ini berupa percobaan yang didesain dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 6 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah jenis pupuk N, P dan K, terdiri dari 4 taraf yaitu pupuk tunggal Urea 0,469 kg, SP36 0,3 kg, KCl 0,18 kg/tanaman/tahun, NPK 20:10:10 (1 kg/tanaman/tahun), NPK 20:10:10 (0,5 kg/tanaman/tahun) dan NPK 16:16:16 (0,5 kg/tanaman/tahun), dan NPK 16:16:16 (1 kg/tanaman/tahun). Data pengamatan dianalisis dengan uji F, dilanjutkan dengan uji DNMRT (Duncan’s New Multiple Range Test) pada taraf 5% bila F hitung berbeda nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian berbagai jenis pupuk berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman markisa. Jenis pupuk tunggal yaitu urea 0,469 kg, SP36 0,3 kg, KCl 0,18 kg/tanaman/tahun memberikan hasil terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman markisa Passiflora edulis f. flavicarpa Deg.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.Ir. Musliar Kasim, MS
Uncontrolled Keywords: dataran rendah, markisa masam, pupuk majemuk, pupuk tunggal
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 20 Feb 2024 08:35
Last Modified: 20 Feb 2024 08:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462491

Actions (login required)

View Item View Item